Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu menekan potensi rabies dengan menggelar layanan vaksinasi rabies di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan, Suku Dinas (Sudin) KPKP Kepulauan Seribu, Sandri Oktama di Jakarta, Senin, mengatakan layanan gratis ini digelar dalam rangka menyambut "World Rabies Day" yang diperingati pada 28 September dan menjaga predikat Jakarta sebagai kota bebas rabies.

"Dalam layanan kali ini kami berhasil menyasar 150 ekor hewan kucing, terdiri dari 65 ekor betina dan 65 jantan," kata dia.

Selain layanan vaksinasi rabies, juga diadakan layanan sterilisasi hewan yang bersinergi dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta dan eMYe Klinik.

"Layanan ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun, menyasar pulau-pulau penduduk lainnya. Semoga layanan ini bermanfaat," kata dia.

Baca juga: Kepulauan Seribu cegah rabies melalui sterilisasi dan vaksinasi
Baca juga: Kepulauan Seribu cegah penyebaran rabies dengan vaksinasi hewan liar


Warga Kelurahan Pulau Kelapa, Nurmakiah (33) mengaku bersyukur dan senang dengan adanya kegiatan vaksinasi rabies dan sterilisasi tersebut.

"Pemberian vaksinasi secara rutin akan lebih memastikan hewan peliharaan lebih sehat dan terhindar dari rabies," katanya.

Ketua RW 03, Kelurahan Pulau Kelapa, Doni menyambut baik hadirnya layanan vaksinasi rabies dan sterilisasi karena di wilayahnya banyak sekali kucing liar maupun peliharaan.

"Kami terus mengajak warga untuk memanfaatkan adanya layanan jemput bola vaksinasi HPR ini agar kita dan hewan peliharaannya tetap selalu sehat dan lingkungan kami bebas rabies," kata dia.