Manado (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ulu Siau menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, memberikan pelayanan kesehatan kepada warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kepala Lapas Ulu Siau Stady Umboh, dihubungi dari Manado, Senin, mengatakan pihaknya dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan bagi WBP berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Sitaro melalui Puskesmas Ulu Siau.

Baca juga: Lapas Ulu Siau tes urine narkoba sejumlah narapidana baru

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Lapas Ulu Siau untuk menjaga kesehatan para WBP dan memberikan akses pelayanan medis yang optimal," katanya.

Ia mengatakan berbagai layanan kesehatan dilaksanakan bekerja sama dengan puskesmas. Layanan tersebut antara lain pemeriksaan kesehatan umum, pengobatan bagi WBP yang membutuhkan, serta penyuluhan kesehatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya hidup sehat.

Baca juga: Lapas Ulu Siau bertekad wujudkan "zero halinar"

Selain itu, juga dilakukan skrining kesehatan untuk mendeteksi penyakit menular dan tidak menular, seperti tuberkulosis (TBC), hipertensi, dan diabetes.

Menurut dia, langkah ini diambil guna mencegah dan menanggulangi potensi penyebaran penyakit di lingkungan lapas.

Baca juga: LP Ulu Siau kerja sama polisi-TNI antisipasi gangguan keamanan

"Kerja sama antara Lapas Ulu Siau dan Dinas Kesehatan Sitaro ini diharapkan dapat terus berlanjut sebagai bentuk komitmen bersama dalam menjaga kesehatan WBP," katanya.