Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu Muhammad Fadjar Churniawan meminta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif menunaikan zakat pendapatan untuk mendukung program Baznas-Bazis di wilayah tersebut.

"Dukungan ASN tentunya menjadi perhatian kita semua agar penunaian zakat pendapatan bisa terwujud dan membantu program Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu," katanya saat rakor Laporan Pendayagunaan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) Tahun 2023-2024 di Jakarta, Senin.

Fadjar menilai program Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu telah berjalan setiap tahun untuk membantu kebutuhan masyarakat dari segi sosial, pendidikan atau kesehatan.

"Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu menyalurkan ZIS yang dikumpulkan termasuk penunaian zakat pendapatan oleh ASN dan CPNS Kabupaten Kepulauan Seribu. Hal itu sudah terlihat hasilnya secara nyata," katanya.

Berdasarkan data Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu, dana zakat yang terkumpul digunakan untuk program pada periode tahun 2023-2024.

Baca juga: Baznas DKI panen setengah ton Kerapu Cantang di Kepulauan Seribu
Baca juga: Baznas-Bazis DKI bantu rumah ikan untuk nelayan Kepulauan Seribu


Mulai dari program untuk bantuan beasiswa kepada 169 mahasiswa Kepulauan Seribu, tebus ijazah, santunan, bedah rumah, bansos kesehatan, bansos keagamaan, Safari Ramadhan, bantuan masjid dan mushala dan lainnya.

"Kami tentunya berharap dukungan ASN dan CPNS dalam menunaikan zakat pendapatan, yang nantinya akan mendukung program Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu," kata Pelaksana Tugas (Plt) Koordinator Baznas-Bazis Kepulauan Seribu, Lukman Hakim.

Badan Amil Zakat Nasional-Badan Amil Zakat Infak Sedekah (Baznas-Bazis Kabupaten Kepulauan Seribu menargetkan ZIS yang berhasil dikumpulkan di wilayah tersebut mencapai Rp5,5 miliar pada 2024.

Pada tahun 2023 pengumpulan ZIS sebesar Rp2,74 miliar dan proyeksi pengumpulan pada tahun ini menjadi Rp5,5 miliar.