Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengoordinasikan pembangunan balai latihan kerja (BLK) di Pondok Pesantren Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan kementerian/lembaga.

Dalam kunjungan kerja di NTB, Jumat (27/9), Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono mengatakan bahwa negara perlu hadir untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas peserta didik, khususnya di pondok pesantren.

"Saya berharap dengan adanya BLK ini, nantinya para pengurus dan santri akan semakin kreatif serta inovatif dalam mengampanyekan berbagai pesan perdamaian yang menjadi inti dari ajaran Islam sehingga menjadi sarana dakwah yang inspiratif," ujar Bangbang dalam keterangan yang dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Bangbang menyebutkan BLK itu akan menjadi fasilitas pendukung pembelajaran santri dalam bidang multimedia dan desain grafis.

Koordinasi BNPT dengan kementerian/lembaga dalam pembangunan BLK di Pondok Pesantren NTB, kata dia, merupakan bagian dari kerangka rencana aksi kegiatan sinergisitas antar-kementerian/lembaga pada tahun 2024 untuk memfasilitasi peningkatan kapasitas peserta didik. Dalam hal ini pesertanya merupakan santriwan dan santriwati pondok pesantren.

Menurut Bangbang, generasi muda, khususnya santriwan dan santriwati pondok pesantren yang ada di NTB merupakan mitra strategis BNPT untuk menjadi garda terdepan dalam menyampaikan pesan-pesan damai Islam Rahmatan Lil'alamin.

"Kami meyakini bahwa pendidikan yang baik merupakan kunci mencetak pribadi yang unggul," ucap dia.

Dengan fasilitasi peningkatan kapasitas peserta didik, dia berharap pondok pesantren dapat berkembang menjadi pencetak santriwan dan santriwati unggul yang akan menjadi para agen perdamaian guna mewujudkan Indonesia Damai, Indonesia Harmoni, dan Indonesia Tanpa Kekerasan.

Adapun dalam kegiatan tersebut, Sestama BNPT didampingi secara langsung oleh Kepala Biro Perencanaan, Hukum, dan Humas BNPT Brigjen Pol. Tejo Wijanarko pada saat mengunjungi tiga pondok pesantren, yakni Pondok Pesantren Manarul Qur'an dan Pondok Pesantren Al Qur'an Ash Shiddiqiyah di Kota Bima serta Pondok Pesantren Utsman Bin Affan di Kota Dompu.

Baca juga: BNPT serukan jaga kebersamaan di Papua dengan pendekatan kemanusiaan
Baca juga: BNPT sebut "Bali Work Plan" turunkan ancaman terorisme di ASEAN