Sorong (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) akan membantu menyediakan fasilitas kesehatan (faskes) di setiap RSUD di Provinsi Papua Barat Daya (PBD) sebagai upaya memperkuat pelayanan kesehatan di wilayah itu.
Hal ini disampaikan Menteri Koordinator (Menko) PMK RI Muhadjir Effendy saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua Barat Daya, Senin (30/9).

Baca juga: DPR RI pastikan JKN jamin kesehatan warga Papua Barat Daya berkualitas

"Nanti kita bantu alat-alat yang modern di setiap RSUD di kabupaten/kota di Papua Barat Daya," kata Menko PMK.
Karena, setiap RSUD di kabupaten/kota sudah harus memiliki alat kesehatan yang lebih modern untuk melayani masyarakat, terutama mencegah penyakit yang cukup tinggi dialami masyarakat, seperti jantung, hipertensi, stroke, dan diabetes.

"Dari pak Menteri Kesehatan akan menurunkan bantuan alat kesehatan itu mulai dari CT scan (computed tomography scan) dan alat kesehatan lainnya," kata Muhadjir.

Baca juga: Menkes sarankan Papua Barat tingkatkan kualitas rumah sakit

Baca juga: LIPI: Pemanfaatan layanan kesehatan di Papua Barat terkendala adat
Dia meyakini bahwa dengan bantuan alat kesehatan yang memadai, tingkat kesehatan masyarakat Papua, khususnya di Papua Barat Daya akan semakin baik.

Muhadjir berharap kepada pemerintah daerah untuk tetap memperhatikan pelayanan kesehatan agar masyarakat mudah mendapatkan akses layanan kesehatan.