Jakarta (ANTARA) - Penyanyi dan penulis lagu country pemeran film "A Star is Born" (1976) Kris Kristofferson pada Sabtu (28/9) meninggal dunia pada usia 88 tahun di rumahnya di Maui, Hawaii, meninggalkan satu istri, delapan anak, dan tujuh cucu.

Keluarga Kristofferson menyampaikan kabar duka tersebut melalui akun Instagram, tetapi tidak menyebutkan penyebab meninggalnya Kristofferson.

"Kami semua sangat diberkati untuk waktu kami bersamanya. Terima kasih telah mencintainya selama bertahun-tahun ini, dan ketika Anda melihat pelangi, ketahuilah dia tersenyum kepada kita semua," demikian antara lain isi pernyataan keluarga Kristofferson yang dikutip oleh Deadline pada Minggu (28/9).

Kristofferson merupakan artis musik country produktif yang sepanjang kariernya masuk 13 nominasi penerima penghargaan Grammy dan berhasil meraih tiga penghargaan, termasuk untuk Lagu Country Terbaik untuk balada "Help Me Make It Through The Night" dari album Kristofferson tahun 1970.

Selain itu, dia memperoleh Lifetime Achievement Award dari Recording Academy pada 2014 dan mendapatkan banyak penghargaan dari organisasi seperti Country Music Association dan Academy of Country Music.

Baca juga: Penyanyi country Kylie Rae tewas dalam kecelakaan

Baca juga: Barbra Streisand minta Apple betulkan Siri karena salah melafalkan namanya


Selain bermusik, Kristofferson berperan dalam film. Perannya yang menonjol antara lain sebagai John Norman Howard dalam drama romantis "A Star is Born" tahun 1976.

Peran Kristofferson dalam film yang juga dibintangi oleh Barbra Streisand ini membuahkan penghargaan Golden Globe kategori Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam Film Musikal atau Komedi pada tahun berikutnya.

Kristofferson juga berperan dalam film "Payback" (1999) yang dibintangi oleh Mel Gibson dan Lucy Liu serta tampil dalam trilogi "Blade" bersama Wesley Snipes.

Pria yang lahir di Texas pada 22 Juni 1936 ini pernah menghadapi masalah alkoholisme dan penyalahgunaan obat terlarang, yang menurutnya mengakhiri pernikahannya dengan artis Rita Coolidge.

Namun, dia juga dikenal sebagai musisi yang aktif membantu advokasi hak-hak pekerja, imigran, dan petani.

Baca juga: Penyanyi Country Tommy Cash meninggal di usia 84 tahun

Baca juga: Penyanyi country Loretta Lynn masuk rehab setelah kena stroke