Mataram (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyatakan pergerakan penumpang di Pelabuhan Lembar naik sebesar 26 persen dari perbandingan dengan tahun lalu saat momentum perhelatan MotoGP 2024 mulai 22-28 September 2024 di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Minggu, menyatakan bahwa sejak awal September 2024, ASDP telah mempersiapkan diri untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang yang signifikan selama perhelatan MotoGP berlangsung.

"Pergerakan penumpang mencapai 26.996 orang atau naik 26 persen dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 21.413 orang," kata Shelvy.

Dia menyampaikan, ASDP sebagai penyedia layanan penyeberangan utama memiliki tanggung jawab besar untuk mendukung kesuksesan ajang balap motor kelas internasional ini dengan memastikan kesiapan operasional di seluruh lini.

Ia mengatakan salah satu fokus utama ASDP adalah di Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, yang melayani rute strategis Lembar, Kabupaten Lombok Barat dari dan menuju Padangbai, Bali.

Dia memperkirakan, selama perhelatan MotoGP jumlah penumpang melonjak dua hingga tiga kali lipat dari hari biasa dengan potensi pergerakan penumpang hingga 14.000 orang per hari.

Dalam upaya mengantisipasi lonjakan penumpang, jelas dia, ASDP telah berkoordinasi dengan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) selaku regulator yang berwenang dalam pengaturan jadwal kapal. Selama perhelatan MotoGP telah disiapkan sekitar 22 hingga 24 unit kapal laik laut yang akan dioperasikan secara dinamis.

"Dalam kondisi normal, sesuai dengan pengaturan dari BPTD terdapat 13 unit kapal yang dioperasikan setiap hari. Namun, saat terjadi lonjakan, jumlah armada dapat ditingkatkan hingga lebih dari 20 unit, menyesuaikan situasi di lapangan," ujar Shelvy.

Pada Jumat (27/9), kata dia, menjadi puncak arus penyeberangan dari Bali menuju Lombok. Menurut dia, kondisi itu mencerminkan tingginya antusiasme masyarakat menyaksikan ajang balap bergengsi tersebut, dimana total penumpang mencapai 4.486 orang dan kendaraan sebesar 1.462 unit.

Berdasarkan data Pelabuhan Padangbai, Bali periode Sabtu (28/9), tercatat sebanyak 3.631 penumpang menyeberang menuju Lembar atau turun sebesar 19 persen dibanding hari sebelumnya yang berjumlah 4.486 orang.

Adapun jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang dari Pulau Bali menuju Lombok mencapai 982 unit kendaraan atau turun sebesar 9 persen dibandingkan hari Jumat (27/9) yang tercatat sebanyak 1.082 unit kendaraan.

Untuk kendaraan roda empat, tercatat sebanyak 190 unit atau turun 21 persen dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 240 unit. Total kendaraan tercatat mencapai 1.292 unit atau turun 12% dibanding periode H yang mencatatkan 1.462 unit kendaraan.

Total penumpang menyeberang dari Bali menuju Lombok selama periode H-5 hingga HH atau Minggu (22/9) hingga Sabtu (28/9) mencapai 26.996 orang. Total kendaraan roda dua sebanyak 6.461 unit, roda empat mencapai 1.294 unit, dan total seluruh kendaraan mencapai 8.794 unit.

ASDP terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima, khususnya dalam mendukung kegiatan internasional seperti MotoGP Mandalika, yang tidak hanya berdampak positif pada sektor pariwisata tetapi juga mendorong perekonomian lokal.

Sebelum perhelatan, ASDP terus mengimbau kepada seluruh pengguna jasa untuk melakukan reservasi tiket ferry melalui platform trip.ferizy.com guna menghindari risiko tidak tersedianya tiket, terutama di saat puncak kegiatan.

Calon penumpang dapat melakukan reservasi tiket secara online hingga 60 hari sebelum keberangkatan, sehingga mereka bisa merencanakan perjalanan lebih aman dan nyaman.

Baca juga: ASDP perkuat aksesibilitas di Pelabuhan Penajam dengan tiket digital
Baca juga: ASDP borong 3 penghargaan media relations dari Serikat Perusahaan Pers