Jakarta (ANTARA) - Calon anggota legislatif terpilih pada Pemilu Anggota DPR RI Nafa Urbach mengatakan bahwa setiap wakil rakyat harus mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai kebangsaan sehingga tidak kehilangan arah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurut politikus NasDem itu, pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang diberikan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) sangat bagus bagi seorang anggota DPR sehingga hal serupa juga akan baik bila dipahami oleh masyarakat.

"Masyarakat masih banyak belum memahami nilai-nilai kebangsaan, jadi itulah tugas anggota dewan untuk mengedukasi masyarakat tentang apa itu nilai kebangsaan yang sebenarnya," kata Nafa usai mengikuti Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR RI Terpilih Periode 2024—2029 di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI, Jakarta, Minggu.

Nafa menegaskan bahwa nilai-nilai kebangsaan menjadi panduan bagi setiap warga negara untuk berperilaku karena di dalamnya terkandung penerapan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Bagi anggota DPR, kata dia, nilai itu juga mengajarkan untuk membangun solidaritas, gotong royong, empati, dan toleransi sehingga semuanya akan bermuara pada implementasi regulasi yang menyejahterakan rakyat.

Baca juga: Nurdin Halid sebut anggota DPR bertanggung jawab jaga nilai Pancasila
Baca juga: Sekjen DPR RI ingatkan caleg terpilih tentang berperilaku teladan
Untuk menerapkan nilai-nilai itu, lanjut pemain sinetron kawakan itu, anggota dewan harus saling bekerja. Oleh sebab itu, kegiatan dari Lemhannas tersebut sangat bagus guna membangun keakraban dan persaudaraan supaya kelak kalau kolaborasi lebih mudah.

Selain itu, Nafa optimistis DPR RI periode 2024—2029 akan lebih baik daripada periode sebelumnya karena sudah diisi oleh anak-anak muda yang penuh energi.

"Momentum itu bisa dipakai untuk menjalankan ide-ide kreatif guna membangun negara," ujarnya.

Ia juga yakin para artis yang terpilih sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2024 bisa berbuat banyak karena mereka merupakan orang-orang pilihan partai yang sudah dibekali banyak nilai terkait dengan kebangsaan.

"Seperti Mas Once Mekel, Denny Cagur, dan Uya Kuya mereka itu orang-orang yang pintar dan tentu sudah dibekali oleh partai," ucap Nafa.

Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Calon Anggota DPR Terpilih Periode 2024-2029 dilakukan di Jakarta dan Bogor selama 8 hari, mulai 21 hingga 29 September 2024.

Kegiatan itu merupakan kerja sama antara Lemhannas dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Jumlah peserta yang mengikuti agenda itu sebanyak 271 orang, terdiri atas calon anggota DPR dan DPD RI terpilih. Bagi anggota dewan yang sudah pernah ikut, tidak diwajibkan untuk ikut kembali.

Total peserta terbagi dalam Angkatan I dan II masing-masing 92 orang, serta Angkatan III 89 peserta.