Jakarta (ANTARA) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menggandeng akademisi dari sejumlah perguruan tinggi negeri untuk turut serta dalam proyek pengembangan lapangan hulu migas di Indonesia.

Salah satu proyek utama yang melibatkan kolaborasi tersebut ialah proyek Kutei North Hub (KNH) yang digarap oleh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) ENI, perusahaan migas asal Italia.

Deputi Eksploitasi SKK Migas Wahju Wibowo dalam keterangannya di Jakarta, Minggu menyampaikan demi menjamin kesuksesan proyek-proyek strategis seperti KNH, SKK Migas melibatkan akademisi dari perguruan tinggi negeri untuk memberikan dukungan keahlian teknis melalui tenaga ahli yang berperan sebagai subject matter expert (SME).

Untuk diketahui, KNH ditetapkan sebagai proyek strategis nasional (PSN), menjadikannya prioritas utama dalam pengembangan sektor hulu migas Indonesia. Proyek itu dinilai strategis karena potensi besar yang dimiliki serta tingkat kompleksitas teknologi yang dibutuhkan.

"Kolaborasi ini bertujuan untuk menjadikan SKK Migas sebagai centre of excellence, dengan melibatkan akademisi nasional guna memastikan kesesuaian konsep pengembangan lapangan serta memprioritaskan TKDN (tingkat komponen dalam negeri) dalam spesifikasi teknis proyek," ujar Wahju.

Proyek itu juga memanfaatkan teknologi mutakhir yang dimiliki oleh ENI Research Centre yang berada di Milan, Italia, yang terkenal akan reputasinya di dunia hulu migas. Wahju menjelaskan kerja sama tersebut membuka kesempatan bagi akademisi Indonesia untuk belajar langsung di ENI Research Centre.

Hal itu diharapkan dapat mempercepat transfer pengetahuan dan teknologi dari research engineering ENI ke Indonesia.

"Dengan keterlibatan para akademisi ini, ilmu yang diperoleh nantinya bisa dibagikan kembali kepada mahasiswa mereka, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia dalam pengembangan hulu migas, hal ini merupakan wujud multiplier effect dari industri hulu migas," katanya.

Proyek pertama yang akan dieksekusi dalam kolaborasi tersebut, yaitu desain dokumen front end engineering design (FEED) untuk proyek KNH. Para akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam tim SME FEED KNH akan terlibat langsung dalam proses tersebut, yang rencananya akan diselesaikan pada akhir 2024 ini.

SKK Migas menargetkan pada 2025, proyek itu sudah mencapai tahap final investment decision (FID). Wahju menambahkan keterlibatan akademisi tersebut tidak hanya mempercepat penyelesaian proyek, tetapi juga memperkaya kapasitas intelektual dan teknis yang akan bermanfaat bagi industri hulu migas nasional.

Sementara, Koordinator tenaga ahli SME dari ITS Ketut Buda Artana mengatakan keterlibatan perguruan tinggi dalam PSN seperti proyek KNH merupakan langkah penting dalam pengembangan teknologi perairan dalam (deepwater) di Indonesia.

"Kolaborasi ini mempercepat transfer pengetahuan, pengembangan sumber daya manusia serta pemecahan masalah teknis yang kompleks," ujar Ketut.

Baca juga: SKK Migas dan PHE perkuat kerja sama tingkatkan produksi migas

Dengan kolaborasi tersebut, SKK Migas berkomitmen untuk menjadi centre of excellence dalam pengembangan sektor hulu migas, mengoptimalkan teknologi dan pengetahuan global untuk mendukung kepentingan nasional.


Baca juga: PHR lakukan survei seismik 3D di Siak Riau buru cadangan minyak baru
Penggunaan produk-produk lokal melalui TKDN juga menjadi fokus utama dalam setiap tahap proyek, menjamin kemandirian industri hulu migas ke depannya sehingga tercipta ketahanan energi nasional.