Jakarta (ANTARA) - Hyundai Motor Group akan mengembangkan robot pemadam kebakaran tanpa awak untuk menangani kebakaran kendaraan listrik di tempat parkir bawah tanah.

Grup otomotif itu akan bermitra dengan Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan untuk mengembangkan robot pemadam kebakaran pada akhir tahun 2024 dan menggunakannya mulai tahun 2026.

Menurut siaran kantor berita Yonhap pada Kamis (26/9), Hyundai Motor Group telah menyampaikan niat untuk menyediakan peralatan pemadam kebakaran kepada pemerintah melalui Kementerian Perdagangan, Industri, dan Energi Korea Selatan pada Agustus.

Baca juga: Sedan elektrik Mercedes meledak di area parkir di Korea Selatan

Baca juga: Korea Selatan larang EV dengan baterai penuh diparkir di basement


Badan Pemadam Kebakaran Korea Selatan mengusulkan pengembangan kendaraan pemadam kebakaran menggunakan platform kendaraan tanpa awak multiguna Hyundai Rotem, melengkapinya dengan meriam air dan meningkatkan ketahanannya terhadap panas.

Setelah diskusi lebih lanjut dan demonstrasi platform kendaraan tersebut, kedua pihak sepakat untuk mengembangkan bersama robot pemadam kebakaran tanpa awak tersebut.

Prototipe robot pemadam kebakaran tanpa awak ditargetkan sudah bisa diuji coba pada paruh pertama tahun depan.

Robot tersebut diharapkan memungkinkan upaya pemadaman api yang dikendalikan dari jarak jauh, memberikan solusi efektif dalam pemadaman kebakaran di fasilitas bawah tanah yang sulit dijangkau atau berbahaya bagi petugas pemadam kebakaran.

Baca juga: Beberapa bisnis di China dilaporkan larang EV diparkir di basement

Baca juga: Pakar: Perhatikan standar keamanan EV untuk hindari risiko kebakaran