Jakarta (ANTARA) -
Kanal gaya hidup, hiburan, teknologi, dan otomotif ANTARA pada Sabtu (28/9) antara lain menyiarkan warta soal meninggalnya aktris Maggie Smith, koleksi batik museum Austria, dampak peretasan pada jutaan mobil Kia, lonjakan trafik broadband 5G selama PON, hingga efek hidrokuinon pada produk perawatan kulit.

Berikut rangkuman lima berita kemarin yang dapat disimak kembali pagi ini.
Pemeran Profesor McGonagall di film "Harry Potter" meninggal

Dame Maggie Smith, aktris Inggris yang paling dikenal karena perannya dalam film "Harry Potter" dan serial "Downton Abbey", meninggal dunia pada usia 89 tahun.
Museum antropologi terbesar di Austria punya koleksi batik

Museum antropologi terbesar di Austria, Weltmuseum di Kota Wina, yang merupakan museum antropologi terbesar di Austria, punya koleksi 366 helai batik dari Indonesia. Sarung maupun kain panjang batik yang disimpan di museum itu antara lain berasal dari Cirebon,Yogyakarta, dan Solo. Koleksi batik yang tertua diperoleh tahun 1838.

Peretas bisa kendalikan jutaan mobil Kia hanya dengan plat nomor

Para peneliti keamanan baru-baru ini menemukan jutaan kendaraan yang dibuat setelah tahun 2013 dapat diambil alih hanya dengan menggunakan nomor pelatnya. Kendaraan yang terdampak serangan ini mencakup hampir semua Kia, termasuk Seltos, Soul, Sorento, Sportage, Stinger, dan Telluride.

Trafik broadband 5G Telkomsel tumbuh 340 persen di PON XXI Aceh-Sumut

Perusahaan telekomunikasi Telkomsel mencatatkan adanya lonjakan trafik broadband 5G hingga lebih dari 340 persen dibanding hari biasa selama perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 pada 9-20 September 2024.

Penggunaan hidrokuinon tinggi dapat berpotensi kanker

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Universitas Indonesia dr. Adhimukti T. Sampurna Sp.KK mengatakan bahwa penggunaan hidrokuinon dengan kadar tinggi dalam produk perawatan kulit dapat menyebabkan efek jangka panjang hiperpigmentasi paradoks (ochronosis eksogen), risiko toksisitas, dan risiko atau potensi kanker. Menurut dia, kandungan hidrokuinon pada produk perawatan kulit maksimal 2 persen.