Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants yakin produk-produk mereka semakin dikenal di Eropa setelah terjun di kejuaraan dunia balap motor MotoGP sejak 2024 dengan menjadi sponsor utama VR46 Racing Team melalui merek pelumas Pertamina Enduro.

"Saat ini, banyak pihak di Eropa dan Italia mencari tahu siapa Pertamina. Menjadi top of mind (pertama kali muncul di benak-red) mereka karena kerja sama dengan VR46," ujar Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi di Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

Apa yang disampaikan Werry sejalan dengan Vice President Marketing PT Pertamina Lubricants Nugroho Setyo Utomo.

Menurut Nugroho, dengan mengikat kemitraan dengan VR46 Racing Team, Pertamina Lubricants ingin menaikkan penjualan produk pelumas mereka di dunia internasional khususnya Eropa.

Dia menyebut, bekerja sama dengan VR46 membuat Pertamina Lubricants memiliki mitra di Italia karena VR46 Racing Team bermarkas di kawasan Tavullia di Italia yang tidak jauh dari lokasi Sirkuit Misano.

"Saat ini VR46 Racing Team seperti representatif kami di Eropa," kata Nugroho.

Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro sehingga nama tim balap motor asal Italia tersebut menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Produk pelumas dari Pertamina Lubricants sudah dipasarkan di belasan negara di Asia, Afrika, Australia, dan Eropa.

PT Pertamina Lubricants pun mempunyai distributor di 12 negara Asia, dua di Afrika yakni Afrika Selatan dan Nigeria serta masing-masing satu distributor dan subdistributor di Australia.

Pertamina Lubricants pun memiliki anak perusahaan di Thailand yakni Pertamina Lubricants Thailand Co Ltd, hasil akuisisi Amaco Production Co Ltd pada 2014.

Pada 2018, Pertamina Lubricants membuka kantor representatif di Sydney, Australia.

Baca juga: ITDC sebut MotoGP Mandalika 2024 suguhkan sejumlah hal baru

"Semoga kerja sama dengan VR46 Racing Team membuat ekspansi produk kami ke luar negeri semakin masif," kata Nugroho.

Sebagai kelanjutan program kerja sama dengan VR46 Racing Team, Pertamina Lubricants memperkuat pula kemitraan dengan VR46 Agency yang juga dimiliki legenda MotoGP Valentino Rossi demi memperkuat penetrasi produk Pertamina Lubricants di Eropa.

Adapun nilai pelumas dan aditif bahan bakar di pasar Eropa yang mencapai sekitar 4,2 miliar dolar AS pada 2023 diperkirakan tumbuh menjadi sekitar 5,5 miliar dolar AS pada 2031, berdasarkan hasil survei Statista.

Selain dengan VR46 Racing Team di MotoGP, Pertamina Lubricants juga menjadi mitra teknik resmi produsen mobil ternama asal Italia Automobili-Lamborghini tepatnya untuk divisi mobil balap mereka, Lamborghini Squadra Corse, sejak 2015 yang berlangsung bertahap sampai 2025. Kerja sama itu menghasilkan sebuah produk pelumas baru bernama Fastron Platinum Racing 10W-60.

Hingga 2025, oli Pertamina Fastron akan digunakan Lamborghini di balapan Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, dan The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Baca juga: Pertamina Lubricants: Kemitraan dengan VR46 Racing Team berjalan baik
Baca juga: Museum MotoGP pertama di dunia diresmikan di Sirkuit Mandalika