Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Vice President Marketing PT Pertamina Lubricants Nugroho Setyo Utomo mengatakan kemitraan dengan VR46 Racing Team yang dimulai sejak awal 2024 sejauh ini berjalan dengan baik.

"Progresnya bagus," ujar Nugroho di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu.

Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim via merek dagang pelumas Pertamina Enduro sehingga nama tim balap motor asal Italia tersebut menjadi Pertamina Enduro VR46 Racing Team.

Menurut Nugroho, secara pencapaian di balapan, Pertamina Enduro VR46 Racing Team juga menunjukkan hasil positif.

Sampai saat ini, dua pembalap Pertamina Enduro yaitu Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio dinilai memperlihatkan performa apik.

Di klasemen sementara pembalap, Di Giannantonio menduduki peringkat ke-10 dan Marco Bezzecchi di posisi ke-11 dari total 27 pembalap yang berkompetisi di MotoGP 2024.

Pertamina Enduro VR46 pun sudah meraih satu kali podium yakni di GP Spanyol di mana Marco Bezzecchi menjadi pembalap terbaik ketiga.

"Kalau soal race, ya, memang begitu. Namanya kompetisi kadang berada di atas, kadang di bawah. Namun, semangatnya tetap memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Nugroho.

Dia melanjutkan, pihak tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team pun menunjukkan perhatian dan apresiasinya terhadap Indonesia yang merupakan negara asal sang sponsor utama.

Baca juga: Marquez raih podium sprint race meski memulai balapan dari posisi 12 Salah satunya, Nugroho menyebut, dengan mengubah corak motor balap mereka menjadi warna merah putih seperti bendera Indonesia, dari sebelumnya didominasi kuning dan putih, khusus di balapan Grand Prix of (GP) Indonesia 2024 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu (29/9).

"Itu bentuk apresiasi mereka kepada Indonesia dan Pertamina Lubricants," tutur dia.

Terkini, di GP Indonesia 2024, Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Bezzecchi berhasil mengunci posisi start di urutan kedua.

Itu membuka peluang mereka meraih podium pada akhir lomba.

"Mudah-mudahan, bismillah (bisa meraih podium-red). Alhamdulillah besok bisa start dari posisi kedua dengan livery (corak-red) itu," tutur Nugroho.

Sementara terkait potensi perpanjangan kemitraan Pertamina Lubricants dengan VR46 Racing Team, Nugroho menyampaikan selalu ada opsi ke arah sana tetapi semua akan dibicarakan kemudian karena kerja sama itu masih akan berlangsung sampai 2026.

"Kami melihat perkembangan sambil berjalan dan selalu ada evaluasi," ujar dia.

Baca juga: Museum MotoGP pertama di dunia diresmikan di Sirkuit Mandalika
Baca juga: Pertamina siapkan pembalap Indonesia ke MotoGP bermitra dengan VR46