Jakarta (ANTARA) - Anak bungsu Presiden Pertama RI Soekarno sekaligus musisi Mohammad Guruh Irianto Soekarnoputra mengatakan perlu kesadaran dari masyarakat masa kini untuk membangkitkan tari dan musik lenso agar digemari di era modern.

Guruh menekankan pentingnya semangat dan kesadaran yang lahir dari hati untuk memperjuangkan kembali kebudayaan Indonesia, khususnya tari dan musik lenso.

"Bagaimana kita bisa menggali semangat banyak orang dari rakyat Indonesia supaya mempunyai kesadaran memperjuangkan lagi di bidang kebudayaan dalam hal ini tentang lenso," kata Guruh dalam sebuah diskusi yang digelar di Jakarta Pusat pada Sabtu.

Guruh mengingatkan masyarakat untuk memaknai tentang arti penting revolusi yang dalam hal ini di bidang kebudayaan. Ia mengajak mempertahankan semangat revolusi seperti yang dikobarkan Soekarno agar jangan sampai padam.

"Bagaimana revolusi Indonesia itu harus kita lanjutkan lagi. Revolusi itu yang Bung Karno bilang revolusi segala bidang atau Bung Karno juga waktu itu bilang pakai istilah revolusi yang multikompleks," ujarnya.

Ia meyakini bahwa melalui semangat revolusi, bangsa Indonesia dapat kembali menemukan jati dirinya, dan kesenian dari Indonesia seperti lenso dapat kembali hidup di tengah masyarakat.

"Mungkin dengan ada kesadaran itu, kita mulai berpikir bersama bagaimana untuk membangkitkan revolusi ini yang dalam keadaan sekarang, generasi ini makin banyak yang tidak mengenal Indonesia dan ke-Indonesia-an," katanya.

Diketahui, lenso digagas Presiden Pertama RI Soekarno sebagai tari dan musik alternatif yang ditawarkan kepada masyarakat saat itu dalam rangka menghadapi pengaruh tren musik dan tari-tarian dari negara-negara barat.

Upaya mempopulerkan tari dan musik lenso salah satunya diwujudkan oleh Soekarno dengan menciptakan lagu bertajuk "Bersuka Ria". Lagu tersebut dinyanyikan oleh Rita Zahara, Nien Lesmana, Titiek Puspa, dan Bing Slamet dengan iringan musik dari Orkes Irama pimpinan Jack Lesmana.


Baca juga: Guruh Soekarnoputra kisahkan shalat Jumat pertama bersama Soekarno

Baca juga: Guruh Soekarnoputra kisahkan masa kecil dididik dekat dengan rakyat