Sigi, Sulteng (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, kembali menerima logistik untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2024 berupa 972 kotak suara.

Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman di Potoya, Sigi, Sulteng, Sabtu, mengatakan untuk logistik tahap 1 sudah semuanya masuk ke gudang KPU Sigi di Desa Potoya, Kecamatan Dolo.
"Hari ini KPU Kabupaten Sigi menerima logistik kotak suara dari lima jenis item logistik yang sudah kami terima yaitu tinta, kabel ties, segel, bilik suara dan terakhir kotak suara," kata Soleman.

Ia mengemukakan logistik tahap 1 tiba di gudang KPU Sigi pada tanggal 21, 22 dan 28 September 2024.


Baca juga: KPU Sulteng deklarasi kampanye damai Pilkada bersama tiga paslon
Selanjutnya menyusul untuk tahap 2 terdapat tujuh item termasuk surat suara dan alat kelengkapan tempat pemungutan suara (TPS) seperti paku, alat coblos, karet dan kelengkapan lainnya.


"Saat ini sedang dalam proses produksi di luar surat suara karena surat suara KPU Sigi baru melakukan proses pelelangan dan inSya-Allah tanggal 3 Oktober mendatang dilakukan penandatanganan persetujuan dummy surat suara untuk proses pencetakan," ucapnya.
Menurut dia, mekanisme penyaluran seluruh logistik pilkada ke masing-masing TPS di Kabupaten Sigi paling lambat satu hari sebelum voting day.


"Untuk distribusi sesuai ketentuan paling lambat satu hari sebelum hari H sudah berada di TPS, jadi kami juga sudah mengatur berkaitan dengan distribusi pada wilayah terjauh sekitar sepekan sebelum hari H," sebutnya.
Diketahui logistik tahap 1 terdiri kotak suara, bilik suara pemungutan, segel, segel plastik/Kabel Ties dan tinta, sementara untuk tahap 2 terdapat tujuh item yaitu Formulir A4, Formulir Plano, Sampul Kertas Biasa, Sampul Kertas Kubus, Sampul Kertas Biasa Model C. KWK, DPC Ukuran 1 Plano serta DPC Ukuran 1/2 Plano.

Baca juga: Kpu tetapkan jumlah perolehan suara anggota DPD Sulteng

Untuk jumlah TPS di Kabupaten Sigi pada Pilkada 2024 sebanyak 471 titik.
"Setiap TPS itu terdiri dari dua kotak suara dan 4-5 bilik pemungutan suara dengan masing-masing TPS berjumlah 600 orang, " tuturnya.


Logistik pertama tiba di gudang yaitu tinta yang diterima sesuai kebutuhan sebanyak 942 botol.
Sementara tiga logistik seperti bilik suara, kabel ties dan segel kertas tiba di gudang pada tanggal 22 September 2024.

"Bilik Suara diterima sesuai kebutuhan berjumlah 1.884 buah, Kabel Ties sebanyak 5.652 buah terdiri dari kebutuhan pemilihan gubernur 2.826 buah dan kebutuhan pemilihan bupati 2826 buah, serta segel kertas berjumlah 23.864 keping terdiri dari kebutuhan pilgub 13.752 keping dan kebutuhan pilbup 10.112 keping," ujarnya.