Ambon (ANTARA) - PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon, Maluku, meraih penghargaan sebagai bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik pada ajang Airport Service Quality (ASQ) tahun 2023, kategori bandara dengan kapasitas kurang dari 2 juta penumpang per tahun.

Penghargaan diberikan dalam ajang Airport Service Quality (ASQ) Awards 2023 dari Airport Council International, di Atlanta, Amerika Serikat.

"Bandar Udara Pattimura Ambon meraih penghargaan tersebut selama tiga tahun berturut-turut, yaitu tahun 2021, 2022, dan 2023," kata General Manager PT Angkasa Pura Indonesia Bandar Udara Pattimura Ambon Shively Sanssouci, di Ambon, Sabtu.

Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk pencapaian dan pengakuan, atas upaya berkelanjutan yang telah diberikan Bandara Pattimura Ambon dalam menjaga dan meningkatkan standar pelayanan kepada pengguna jasa bandar udara.

Upaya berkelanjutan tersebut ditunjukkan berdasarkan peningkatan skor dalam penilaian pelayanan bandara melalui program ASQ dari tahun 2021 sampai dengan tahun 2023.

Pada tahun 2021 Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon memperoleh skor penilaian 4,63 dari skala 5, kemudian pada tahun 2022 memperoleh skor penilaian 4,69 dari skala 5, dan untuk tahun 2023 memperoleh skor penilaian 4,77 dari skala 5.

Pada tahun 2023, PT Angkasa Pura Indonesia Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon tercatat telah melayani penumpang pesawat udara mencapai 758.449 penumpang, dengan rata-rata 63.204 penumpang per bulan.

Hal tersebut diikuti pula pergerakan pesawat udara mencapai 9.432 pergerakan dengan rata-rata 786 pergerakan per bulan, sedangkan untuk kargo tercatat mencapai 6.786.355 kg pergerakan kargo di Bandara Pattimura Ambon.

Ia menyatakan, keberhasilan dalam meraih penghargaan bandara terbaik di kawasan Asia Pasifik, selama tiga tahun berturut-turut menjadi motivasi bagi seluruh pegawai Bandar Udara Pattimura Ambon untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandar udara.

"Sebagaimana semboyan kami melayani sepenuh hati, tidak lupa juga kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh mitra usaha dan mitra kerja, atas bantuan dan kerjasama dalam mewujudkan pelayanan dan pengalaman terbaik bagi penumpang pesawat udara” ujarnya.

Bandara Pattimura Ambon ke depannya berkomitmen untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan kepada seluruh pengguna jasa, terutama implementasi teknologi dan digitalisasi untuk pelayanan penumpang pesawat udara.
Baca juga: Bandara Pattimura Ambon layani keberangkatan JCH Maluku ke Makassar
Baca juga: Bandara Pattimura Ambon tingkatkan kualitas layanan tambah gate baru