Jakarta (ANTARA) -
Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut 1
Ridwan Kamil bakal mengadakan malam bebas kendaraan (Car Free Night) untuk meminimalkan tawuran antarwarga maupun remaja yang sering terjadi di Jakarta.
"Kita akan adakan sebulan sekali 'Car Free Night' di seluruh kecamatan dan panitianya antarkampung," katanya di acara "Suara Pelajar, Masa Depan Jakarta, Kongkow Pelajar Se-Jakarta" di Kantor DPD Golkar DKI Jakarta, Sabtu.

Hal itu diyakini akan mampu mencegah tawuran antarwarga maupun remaja. "Kalau antar kampung ngobrol kan nanti minimal yang biasa tawuran lama-lama akrab nanti karena selalu jadi ikut kepanitiaan," katanya.

Baca juga: Tiga paslon gubernur-wakil gubernur DKI deklarasikan kampanye damai
Ridwan menjelaskan, "Car Free Night" mirip dengan "Car Free Day" (Hari Bebas Kendaraan Bermotor/HBKB) yang akan menampilkan sejumlah pameran kesenian dan pameran UMKM.

"Kayak 'Car Free Day' tapi malam hari, itu sebulan sekali, saya akan buat di seluruh kecamatan. Nanti jalan-jalan ditutup terus ada pameran UMKM juga," katanya.

Selain itu dia juga bakal membangun "micro library" atau perpustakaan kecil di kampung-kampung Jakarta untuk kebutuhan digital literasi masyarakat.

"Kita akan membangun 'micro library', sebuah tempat perpustakaan kecil tapi sebenarnya tempat nongkrong kreatif," katanya.

"Lahannya dimana? Saya akan beli rumah di sekitar kampung tersebut, lalu saya bongkar jadi tempat 'micro library' tersebut," kata dia.

Baca juga: Pilkada Jakarta, pendukung Anies Baswedan dukung RIDO
KPU DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3 pada Pilkada DKI Jakarta.

KPU DKI menjadwalkan masa kampanye yang dimulai pada 25 September-23 November 2024.

Setelah itu masa tenang pada 24-26 November 2024 dan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Selanjutnya, penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara dilakukan pada 27 November-16 Desember 2024.