Surabaya (ANTARA) - Perum Jasa Tirta I (PJT I) mendapat penghargaan Outstanding Digital Transformation for Better Public Service Quality dari CNN Indonesia karena dinilai sukses melakukan transformasi digital.

"Alhamdulillah, penghargaan ini menjadi buah dari upaya berbagai transformasi digital yang dilakukan PJT I. Apresiasi dari media seperti CNN Indonesia ini juga menambah semangat perusahaan untuk terus mengembangkan inovasi dan prestasi sesuai visi perusahaan, yakni Menjadi Perusahaan Pengelola Sumber Daya Air Nasional Kelas Dunia," kata Direktur Utama PJT I, Fahmi Hidayat, dalam keterangan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Fahmi menyatakan penghargaan yang diterima juga menambah motivasi bagi PJT I untuk terus berupaya melakukan transformasi berkelanjutan untuk memberikan pelayanan terbaik ke depannya.

"Kami menyadari bahwa di masa mendatang digitalisasi sistem mutlak dilaksanakan demi peningkatan layanan prima," katanya.

Menurutnya, command center yang dimiliki menjadi sarana melakukan pemantauan secara realtime. Bukan hanya kuantitas namun juga kualitas dan kontinuitas sumber daya air.

Baca juga: Dirut PJT I: Pengelolaan SDA pegang peran penting ciptakan kemakmuran

Baca juga: PJT I, CISPDR China dan Indra Karya kerja sama kelola SDA-EBT


"Dengan adanya sistem Aquarius, kami juga bisa melakukan forecasting kondisi hidrologi di wilayah kerja PJT I," tuturnya.

Berbagai aplikasi yang terintegrasi milik PJT I seperti Smart Water Management System menjadi Decision Support System dalam mitigasi risiko atas kemungkinan terjadinya bencana banjir dan kekeringan, serta bencana lain terkait air.

"Serangkaian pengembangan teknologi informasi komunikasi dan digitalisasi tetap akan kami terus lakukan, karena zaman akan terus berkembang dan dalam mengelola SDA, maka kami tetap harus beradaptasi," ungkapnya.

PJT I merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA).

PJT I mengalami berbagai transformasi digital untuk terus tumbuh dan berkembang. Mulai dari pendirian command center sebagai bentuk digitalisasi sistem pemantauan hidrologi dan kualitas air di seluruh wilayah kerja perusahaan atau smart water management system secara realtime.

PJT I juga menerapkan sistem Enterprise Resources Planning (ERP) yang merupakan sistem digitalisasi proses bisnis perusahaan.

Transformasi digital ini menjadi bentuk keseriusan PJT I menghadirkan beragam inovasi untuk terus bertahan, bersaing dalam mengembangkan bisnis perusahaan dan mengutamakan kepuasan pelanggan.

Baca juga: Perum Jasa Tirta I raih dua Anugerah BUMN 2024

Baca juga: Menteri PUPR berpesan ke PJT I untuk kembangkan Smart Water Management