Jakarta (ANTARA) - Ansu Fati menjadi salah satu pemain sepak bola muda di klub ternama Spanyol, FC Barcelona yang biasa menempati posisi penyerang sayap kiri. Nama Ansu Fati mulai meroket bersama FC Barcelona sejak musim 2019/20 bahkan sempat disebut akan menjadi penerus kesuksesan Lionel Messi di Blaugrana.

Ansu Fati menjadi pencetak gol termuda kedua Barcelona setelah Yamine Lamal.

Lahir di Bissau, Guinea-Bissau pada 31 Oktober 2002, Ansu Fati pindah ke Spanyol saat usia enam tahun. Pemain yang memilki nama lengkap Anssumane Fati Vieira mendapatkan status kewarganegaraan Spanyol usai Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF) menunjukkan minat padanya.

Ansu Fati mulai bergabung dengan FC Barcelona pada tahun 2012 melalui akademi La Masia, saat berusia sepuluh tahun. Ia bergabung dengan tim yunior FC Barcelona pada musim 2012/2013.
Pemain Barcelona merayakan gol Ansu Fati ke gawang Levante dalam laga Liga Spanyol di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Minggu (26/9/2021). Barca menang 3-0 dalam laga itu. ANTARA FOTO/REUTERS/Albert Gea/foc.


Kariernya di FC Barcelona terus meningkat, Ansu Fati menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Barcelona pada 24 Juli 2019, menyepakati kontrak hingga 2022.

Ansu Fati dipercaya bermain dengan tim utama FC Barcelona, ia memulai debut pada 25 Agustus 2019 saat bermain dalam pertandingan melawan Betis sebagai pemain pengganti yang masuk pada menit ke-78 dalam pertandingan tersebut.

Pertandingan tersebut, menjadikan Ansu Fati sebagai pemain termuda kedua yang tampil perdana untuk tim utama FC Barcelona di LaLiga musim 2019/20, di mana saat itu ia berusia 16 tahun dan 298 hari, dilansir laman Official FC Barcelona.

Pada 31 Agustus 2019, dalam pertandingan Barcelona melawan Osasuna di El Sadar, Ansu Fati berhasil mencetak gol pertamanya untuk FC Barcelona, menjadikannya sebagai pencetak gol termuda Barcelona dan ketiga termuda dalam sejarah LaLiga, yang saat itu Ansu Fati baru berusia 16 tahun dan 304 hari.

Pada 17 September 2019, di usia 16 tahun dan 321 hari, Ansu Fati melakukan debutnya di Liga Champions mejadi pemain termuda yang tampil untuk Barcelona dalam pertandingan melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park.

Pada 23 September 2020, Ansu Fati resmi dipromosikan ke tim utama FC Barcelona. Empat hari kemudian, dalam pertandingan pertama musim 20/21 Barcelona melawan Villarreal di LaLiga, Ansu Fati mencetak dua gol.

Karier menanjaknya sempat terhenti selama empat bulan karena mengalami cedera lutut. Pada 27 September 2021, Ansu Fati kembali bermain untuk FC Barcelona melawan Levante dan berhasil mencetak gol pada menit ke-91 dalam pertandingan Liga Spanyol pekan ketujuh di Camp Nou.

Baca juga: Tikung Tottenham, Brighton dikabarkan dapatkan Ansu Fati