Jakarta (ANTARA) - Amad Diallo, yang lebih dikenal sebagai Amad, lahir di Abidjan, kota terbesar di Republik Pantai Gading (Côte d'Ivoire).

Dia adalah salah satu winger muda paling berbakat di Eropa saat ini. Sejak kecil, Amad pindah bersama keluarganya ke Italia dan menetap di wilayah Emilia-Romagna. Di sana, dia memulai karier sepak bolanya di klub lokal Boca Barco.

Bakat Amad menarik perhatian banyak klub Serie A dan pada tahun 2015 dia bergabung dengan Atalanta. Amad terus meningkatkan performanya dan mampu bermain dengan kelompok usia yang lebih senior hingga pada usia 16 tahun, dia sudah berlatih dengan tim utama Atalanta.

Debut profesionalnya dimulai pada tahun 2019, ketika Atalanta menang 7-1 atas Udinese. Meskipun tubuhnya kecil, kekuatan Amad saat menguasai bola sangat menonjol, ditambah dengan keseimbangan yang baik, kemampuan dribbling dan insting memberikan umpan yang tepat. Setelah debutnya, dia tampil dalam beberapa pertandingan lagi di musim 2019/20 dan ikut serta dalam skuad Atalanta yang bertanding di perempat final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Lisbon setelah jeda pandemi.

Pada 5 Oktober 2020, Atalanta dan Manchester United mengumumkan kesepakatan transfer Amad, yang kemudian selesai pada Januari 2021 setelah melewati pemeriksaan medis, izin kerja dan persyaratan pribadi.

Setelah menunjukkan performa yang mengesankan di beberapa penampilan bersama tim U-23, Amad melakukan debut tim utama untuk Manchester United melawan Real Sociedad di babak 32 besar Liga Europa, dan mencetak gol pertamanya untuk klub saat melawan AC Milan di babak berikutnya.

Selanjutnya, Amad dipinjamkan ke klub Championship Inggris, Sunderland pada 31 Agustus 2022. Di sana, dia mampu tampil cemerlang dengan mencetak 14 gol dalam 42 pertandingan. Performanya membuatnya dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Sunderland pada akhir musim.

Sayangnya, Amad mengalami cedera lutut selama tur pramusim pada awal musim 2023/24, yang membuatnya absen di paruh pertama musim. Meski sempat tertunda karena cedera, Amad telah menunjukkan potensi besar di beberapa pertandingan, dan Manchester United berharap banyak dari winger muda ini di musim 2024/25.

Baca juga: Manchester United pinjamkan Amad Diallo ke Rangers

Baca juga: Alami cedera paha, Amad Diallo batal dipinjamkan United ke Fayenoord

Baca juga: Sheffield United tertarik pinjam Amad Diallo dari Manchester United