Jakarta (ANTARA) - FIFA akan mengumumkan stadion-stadion untuk Piala Dunia Klub tahun depan di AS pada Sabtu, demikian diumumkan badan sepak bola dunia itu pada Jumat.


Turnamen baru dengan format 32 klub itu akan diikuti klub-klub dari seantero dunia, dan akan berlangsung dari 15 Juni dampai 13 Juli 2025.


Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan memberikan pengumuman di Central Park pada acara Global Citizen Festival. Global Citizen Festival merupakan acara musik yang ditujukan untuk kampanye pengentasan kemiskinan.

Real Madrid, Manchester City, dan Bayern Munich merupakan sebagian dari 12 tim Eropa yang telah lolos ke turnamen tersebut. Sedangkan dari Amerika Selatan, River Plate dan Boca Juniors asal Argentina serta Flamengo asal Brazil merupakan tiga dari total enam klub asal Amerika Selatan.

FIFA belum mengumumkan mitra penyiaran untuk turnamen tersebut.

Di sisi lain, Piala Dunia Klub menghadapi tantangan dari persatuan pesepak bola profesional FIFpro. FIFpro dan Europa League telah mendaftarkan keberatan kepada Komisi Eropa terhadap FIFA mengenai dimasukkannya turnamen itu ke kalender pertandingan internasional.


Baca juga: Bek MU: Pemain di Eropa jalani terlalu banyak pertandingan
Baik FIFpro dan Europa League mengatakan turnamen itu menambah padatnya jadwal kompetisi serta meningkatkan beban kerja para pesepak bola.

Turnamen itu akan berlangsung pada jeda yang sama dengan turnamen Piala Emas CONCACAF, yang akan diselenggarakan sebagian besar di Pesisir Barat (West Coast) AS.

Pertandingan-pertandingan Piala Dunia Klub diperkirakan sebagian besar akan dimainkan di Pesisir Timur (East Coast) AS.

AS juga akan menjadi tuan rumah bersama untuk Piala Dunia 2026 bersama dengan Meksiko dan Kanada.

Baca juga: Berbeda dengan Ancelotti, Madrid pastikan ikut Piala Dunia Antarklub


Baca juga: Ancelotti: Real Madrid tidak akan main di Piala Dunia Antarklub 2025