Jakarta (ANTARA) - Matthijs de Ligt, bek tengah internasional Belanda, resmi bergabung dengan Manchester United pada musim panas 2024.

Transfer ini terjadi bersamaan dengan kedatangan rekan setimnya dari Bayern Munich, Noussair Mazraoui.

De Ligt lahir di Leiderdorp sebuah kota dekat Leiden, Belanda. Dengan tinggi badan 189 cm De Ligt tidak hanya dikenal karena keterampilan bertahannya, tetapi juga kekuatannya di lapangan.

Dia memulai langkah pertamanya di dunia sepak bola melalui sistem akademi FC Abcoude pada tahun 2005, di mana ia bermain selama empat tahun.

Talenta De Ligt berhasil menarik perhatian Amsterdamsche Football Club Ajax, yang mengundangnya untuk bergabung dengan akademi terkenal mereka pada tahun 2009.

Selama sepuluh tahun di Ajax, De Ligt menunjukkan bakat luar biasa dan menjalani debut tim utama hanya tiga bulan setelah ulang tahunnya yang ke-17.

Pada musim yang sama, ia mencetak sejarah dengan menjadi pemain termuda yang pernah memulai final klub Eropa, saat Ajax menghadapi Manchester United di final Liga Europa 2017 di Stockholm.

De Ligt dengan cepat menjadi pemain kunci di tim, hingga pada usia 18 tahun, ia dipercaya oleh Erik ten Hag untuk menjabat sebagai kapten tim sehingga menjadikannya kapten termuda dalam sejarah klub.

Setelah masa yang sukses di Ajax, di mana ia dikenal sebagai salah satu talenta paling menjanjikan di dunia sepak bola, De Ligt pindah ke Juventus pada 18 Juli 2019. Selama tiga tahun di Juventus, ia berhasil meraih Scudetto dan menjadi bagian integral dari pertahanan tim.

Pada 19 Juli 2022, De Ligt melanjutkan kariernya di Bayern Munich dengan biaya awal sebesar €67 juta, dan potensi biaya tambahan hingga €77 juta. Selama dua musim di Bayern, ia tampil sebanyak 73 kali dan mencetak lima gol, serta menambahkan trofi liga ke dalam koleksinya.

Manchester United melihat De Ligt sebagai sosok yang dapat memberikan pengalaman dan kualitas di lini belakang, mengingat latar belakangnya sebagai kapten muda di Ajax dan pengalaman bermain di liga-liga top Eropa.

Kedatangannya di Manchester United diharapkan dapat memperkuat pertahanan tim dan memberikan dampak positif bagi perjalanan klub di pentas sepak bola Inggris dan Eropa.

Baca juga: Gol perdana de Ligt warnai kemenangan 3-0 MU atas Southampton

Baca juga: Ten Hag pastikan de Ligt-Mazraoui masuk skuad MU versus Fulham

Baca juga: AFC Ajax unggah "Manchester is red" setelah de Ligt-Mazraoui ke MU