Washington (ANTARA) - Jumlah korban tewas akibat Badai Helene yang menerjang Amerika Serikat pada Kamis malam menjadi enam orang, menurut laporan ABC News pada Jumat (27/9).

Sedikitnya satu orang tewas di Negara Bagian Florida dan empat lainnya meninggal di Georgia, menurut laporan tersebut, yang mengutip otoritas setempat.

Satu orang tewas dan satu lagi terluka di Charlotte, Carolina Utara, ketika pohon yang tumbang menimpa rumah warga.

Hingga Jumat pagi, hampir 3,5 juta rumah di Carolina Selatan, Florida, dan Georgia tidak mendapatkan listrik, begitu pula sekitar 480.000 rumah di Carolina Utara, menurut situs Poweroutage.us.

Pusat Badai Nasional AS sebelumnya melaporkan bahwa Badai Helene melemah menjadi badai tropis pada Jumat setelah menghantam wilayah barat laut Florida sebagai badai Kategori 4 malam sebelumnya.

Namun, Dinas Cuaca Nasional (NWS) memperingatkan bahwa badai tersebut masih berbahaya dan bisa menimbulkan kerusakan yang signifikan.

Helene akan terus membawa curah hujan ekstrem yang berpotensi mengancam jiwa dan banjir di wilayah Appalachia Selatan, kata NWS dalam pernyataannya.

"Tornado kemungkinan besar terjadi pada pagi hari dan mungkin berlangsung hingga sore hari di beberapa bagian Carolina dan Virginia Selatan," kata NWS.

Dinas cuaca itu juga melaporkan bahwa Helene masih menyebabkan angin kencang yang merusak dan banjir yang mengancam jiwa di wilayah tersebut.

Sumber: Sputnik-OANA

Baca juga: Badai tropis Debby menguat ke level badai topan
Baca juga: Badai Beryl akibatkan 2 juta warga Texas AS tanpa aliran listrik