Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) menargetkan pameran Cerita Nusantara 2024 dapat menarik lebih dari 10.000 pengunjung dan menghasilkan nilai transaksi hingga Rp10 miliar selama tiga hari penyelenggaraan pada 27-29 September 2024.

Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop UKM Siti Azizah kepada wartawan di Jakarta, Jumat, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan komunikasi dan publikasi yang masif untuk mencapai target tersebut.

Ia menyadari bahwa daya beli masyarakat saat ini sedang menurun. Oleh karena itu, Kemenkop UKM memfasilitasi UMKM dengan menyediakan booth pameran secara gratis.

Dia lebih lanjut mengatakan bahwa UMKM yang terpilih untuk berpartisipasi dalam Cerita Nusantara 2024 telah melalui proses kurasi yang ketat, sehingga meyakini produk-produk unggulan yang dipamerkan akan mampu menembus pasar ekspor dan menjadi bagian dari rantai pasok global.

“Dengan dukungan penuh dari para kolaborator, dunia perbankan, dan semua pihak, diharapkan dapat menjadikan kegiatan Cerita Nusantara sebagai ajang bagi para buyer lokal dan dunia untuk bisa melihat produk-produk UMKM Indonesia,” ujarnya pula.

Pameran UMKM ini sudah memasuki tahun ketiga penyelenggaraan. Dimulai pada 2021 dengan tema Cerita Wastra, berlanjut ke Cerita Kriya pada 2022, hingga kemudian berevolusi menjadi Cerita Nusantara I pada 2023, dan Cerita Nusantara II pada tahun ini.

Dalam tiga tahun perjalanan ini, Siti Azizah mengatakan bahwa Kemenkop UKM telah berhasil membantu lebih dari 10.000 UMKM dan wirausahawan di seluruh Indonesia.

Pameran Cerita Nusantara 2024 yang mengusung tema "Dari Indonesia untuk Dunia" itu berlangsung pada 27-29 September di Istora Senayan, Jakarta, dengan menghadirkan lebih dari 211 tenant terkurasi yang mengisi booth dan showcase dari sektor fesyen, kriya, wastra, serta beauty and wellness, hingga kuliner.

Kemenkop UKM berharap pameran tersebut dapat menjadi wadah untuk menjembatani UMKM lokal dengan pasar dunia, sekaligus menjadikan produk lokal sebagai bagian dari rantai pasok global.

Dalam penyelenggaraan Cerita Nusantara 2024, Kemenkop UKM berkolaborasi dengan 17 kolaborator, di antaranya Dekranas, Inacraft, Jakarta Fashion Week, PT Out of Asia, IFFINA, Karya Kreatif Indonesia (KKI), PT Sarinah, Alun-alun Indonesia, dan Muslim Fashion Festival (Muffest).
Baca juga: Kemenkop UKM gelar Cerita Nusantara, promosikan UMKM ke pasar global
Baca juga: Menkop Teten: Cerita Nusantara jembatani UMKM lokal dengan pasar dunia