Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, masih menunggu data siswa calon penerima bantuan seragam sekolah gratis tahun 2024.

Kepala Dinas Dikbud Rejang Lebong Noprianto saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program bantuan seragam sekolah gratis tersebut merupakan program unggulan daerah itu yang akan diberikan kepada siswa kelas I SD dan madrasah ibtidaiyah (MI) serta kelas VII SMP dan madrasah tsanawiyah (MTs).

"Saat ini masih ada beberapa sekolah yang belum selesai melakukan pendataan dan pengukuran baju siswa yang akan menerimanya. Jika semuanya sudah selesai maka akan dilakukan pengadaan menggunakan e-katalog," kata dia.

Baca juga: Pemkab Rejang Lebong siapkan pembagian seragam sekolah gratis

Dia menjelaskan, data penerima bantuan seragam sekolah gratis ini diambil berdasarkan data pokok pendidikan (dapodik) yang baru selesai diunggah oleh masing-masing sekolah pada akhir Agustus lalu.

Penyiapan data ukuran seragam yang akan diterima oleh masing-masing siswa, kata dia, perlu dilakukan agar bantuan seragam itu nantinya tidak mubazir dan bisa dipakai oleh penerimanya.

Menurut dia, program pengadaan seragam sekolah gratis itu telah disiapkan Pemkab Rejang Lebong dalam APBD Tahun 2024 sebesar Rp2,3 miliar.

Baca juga: 5.870 pelajar Mukomuko terima seragam sekolah gratis

Para penerima bantuan seragam sekolah gratis mulai tahun 2024 ini selain sekolah-sekolah di bawah naungan Dikbud Rejang Lebong, juga di bawah Kemenag Rejang Lebong, baik negeri maupun swasta.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Dikbud Rejang Lebong Hanapi menyatakan jumlah penerima bantuan seragam sekolah gratis Tahun Ajaran 2024/2025 untuk pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs yang ada di wilayah itu sebanyak 9.424 siswa. Jumlah ini sesuai dengan dapodik yang diinput pada 31 Agustus 2024 lalu.

Jumlah penerima bantuan seragam gratis ini, kata dia, berdasarkan dapodik Kabupaten Rejang Lebong mencapai 8.424 siswa, terdiri dari siswa SD sebanyak 4.392 orang dan siswa SMP 4.032 orang.

Baca juga: Bangka Selatan anggarkan Rp3,5 miliar untuk seragam sekolah gratis

Sedangkan data siswa MI dan MTs negeri dan swasta yang diserahkan Kemenag Rejang Lebong kepada pihaknya kurang lebih 1.000 orang, sehingga total pengadaan seragam gratis yang akan diadakan tahun 2024 sebanyak 9.424 setel.