Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya hanya bisa bermain imbang 0-0 saat menghadapi Dewa United dalam laga pekan ketujuh BRI Liga 1 Indonesia musim 2024/2025 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jumat malam. Dari hasil pertandingan tersebut, Persebaya masih kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan poin 17 dari tujuh pertandingan. Sementara Dewa United naik ke posisi 10 dengan meraih poin delapan dari tujuh laga yang telah dijalaninya.

Jalannya pertandingan babak pertama, kedua tim langsung bermain cepat dengan menerobos pertahanan, bahkan Persebaya mendapat tendangan pojok di awal menit, namun belum bisa dimanfaatkan.

Begitu juga Dewa United yang bisa membuat lini tengah Persebaya sedikit kerepotan lewat Taise Marukawa dan Egy Maulana Vikri.

Anak asuh Paul Munster mendapatkan peluang lewat kaki Gilson Costa setelah Bruno Moreira melakukan intersep ke arah gawang Dewa United, namun sayang tendangannya masih melambung di atas mistar gawang Sonny Stevens pada menit ke-8.

Giliran Dewa United pada menit ke-23 lewat Alta Ballah membuat peluang melalui sundulannya, namun masih menjauh di sebelah kanan gawang Persebaya yang dikawal Andhika Ramadhani.

Semenit kemudian, klub berjuluk Bajol Ijo membuat peluang emas setelah Flavio lolos hingga mendekati gawang Dewa United, namun hasil umpan bolanya belum bisa dikonversikan menjadi gol oleh Bruno Moreira.

Gilson Costa kembali membuat peluang bagi Persebaya pada menit ke-30, lewat umpan Rivera yang berhasil dijangkau. Namun bola hasil sundulan Gilson masih tipis di atas mistar gawang klub berjuluk Tangsel Warrior itu.

Dewa United yang mencoba membongkar pertahanan Persebaya masih kandas. Bahkan kesempatan lewat set piece dengan jarak cukup dekat dengan kotak penalti Green Force yang diambil Messidoro juga tidak bisa dimaksimalkan.

Menjelang berakhirnya babak pertama, beberapa kali penggawa Persebaya lolos dari penjagaan pemain belakang Dewa United dan mendekat ke gawang Sonny Stevens, namun tidak ada yang berbuah gol. Hingga peluit tanda turun minum dibunyikan skor masih 0-0.

Baca juga: Bali United tekuk Barito Putera 3-2 Babak kedua, kedua tim meningkatkan intensitas pertandingan dengan jual beli serangan. Bahkan beberapa kali terlihat kedua pemain kesebelasan bersitegang.

Anak asuh Jan Olde Riekerink membuat peluang pada menit ke-71 lewat Egy Maulana Vikri, namun tendangan yang dilakukan di luar kotak penalti itu masih melambung tipis di atas mistar gawang Persebaya yang dijaga Andhika Ramadhani.

Pada menit ke-80, Persebaya mendapat peluang emas yang didapat melalui tendangan bebas yang diambil M Rashid, setelah Malik Risaldi dijatuhkan di dekat kotak penalti Dewa United. Sayang tendangan pemain Timnas Palestina itu mengenai tiang sebelah kanan gawang yang dikawal Sonny Stevens.

Persebaya berhasil melesakkan bola melalui Malik Risaldi menjelang berakhirnya pertandingan, namun dianulir oleh wasit akibat offside. Hingga wasit asal Jawa Barat Asep Yandis meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan skor masih 0-0.

Pertandingan selanjutnya, Persebaya akan bertandang untuk menghadapi Persib pada 18 Oktober 2024 di Gelora Bandung Lautan Api. Sedangkan Dewa United akan menjamu Persik Kediri pada 17 Oktober 2024 di Stadion Pakansari.

Baca juga: Pelatih Dewa United: Pemain Persebaya perwujudan logo "hiu dan buaya"

Daftar susunan pemain kedua tim:

Persebaya Surabaya:

Andhika Ramadhani (PG), Ardi Idrus, Gilson Sequeira Da Costa, Francisco Israel Rivera Davalos, Bruno Moreira Soares (C), Slavko Damjanovic, Flavio Antonio Da Silva, Kadek Raditya Maheswara, Mikael Alfredo Tata, Mohammed B. A. Rashid, Malik Risaldi.

Pelatih: Paul Munster

Dewa United:

Sonny Ricardo Marciano Stevens (PG), Reva Adi Utama, Risto Mitrevski (C), Alexis Nahuel Messidoro, Egy Maulana Vikri, Taisei Marukawa, Ferian Rizki Maulana, Arapenta Lingka Poerba, Angelo Rafael Teixeira Alpoim Meneses, Altalariq Erfa Aqsal Ballah, Alex Martins Ferreira.

Pelatih: Jan Olde Riekerink