Jakarta (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki mengatakan pameran Cerita Nusantara 2024 merupakan wadah untuk menjembatani UMKM lokal dengan pasar dunia.

Saat membuka Cerita Nusantara 2024 di Jakarta, Jumat, Teten menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara dengan keberagaman budaya paling kaya di dunia.

Kekayaan itu tercermin dalam beragamnya wastra, kerajinan tangan, dan kuliner, yang bukan hanya produk semata, melainkan juga representasi jati diri bangsa Indonesia.

Meskipun demikian, potensi besar tersebut dinilai belum teroptimalkan dalam panggung dunia.

"Oleh karena itu, Cerita Nusantara hadir untuk menjembatani kekayaan lokal tersebut dengan pasar dunia. Acara ini bukan sekadar perayaan, tetapi juga merupakan strategi untuk memperkenalkan produk lokal kita sebagai bagian dari rantai pasok global," kata Teten.

Teten mengatakan bahwa pemerintah menargetkan peningkatan rasio kewirausahaan sebesar 8 persen pada 2045. Saat ini, rasio kewirausahaan baru mencapai 3,5 persen.

Ia mengatakan Kementerian Koperasi dan UKM terus berkomitmen dalam mendorong pertumbuhan kewirausahaan di Indonesia.

Dalam upaya mewujudkan itu, Kemenkop UKM menekankan pentingnya kewirausahaan yang didasari oleh strategi yang jelas dan didukung oleh ekosistem yang kuat.

"Kewirausahaan yang kami dorong bukan semata-mata muncul secara kebetulan, tetapi lahir dari perencanaan yang matang," ujar dia.

Untuk mendukung para pelaku UMKM, Kemenkop UKM menyediakan berbagai fasilitas dan program, seperti akses ke pasar, teknologi, dan sumber daya yang dibutuhkan. Salah satu fokus utama adalah pada upaya digitalisasi UMKM, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk dan daya saing di pasar internasional.

"Dengan mengadopsi teknologi modern seperti smart factory dan IoT (internet of things), kita dapat meningkatkan efisiensi produksi dan menghasilkan produk-produk berkualitas dunia," ucap dia.

Cerita Nusantara menjadi salah satu inisiatif strategis Kemenkop UKM dalam mempromosikan produk UMKM Indonesia ke pasar global. Ajang ini diharapkan dapat menjadi platform bagi para pelaku UMKM untuk memperluas jaringan bisnis dan menarik minat pembeli dari dalam dan luar negeri.

Pameran Cerita Nusantara 2024 yang mengusung tema "Dari Indonesia untuk Dunia" itu berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, pada 27-29 September 2024.

Cerita Nusantara 2024 menghadirkan lebih dari 200 tenant dari beragam sektor, mulai dari fesyen, kecantikan dan kebugaran, wastra dan kriya, kuliner hingga teknologi.

Baca juga: Teten dorong forum perdagangan luar negeri perluas pasar UMKM
Baca juga: Kemenkop UKM gelar Cerita Nusantara, promosikan UMKM ke pasar global
Baca juga: Teten: Cerita Nusantara jadi ajang pamer ekosistem wastra dan kriya