Mandalika, Nusa Tenggara Barat (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Lubricants mendekatkan masyarakat yang berada di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dengan Kejuaraan Dunia MotoGP 2024 melalui berbagai program mulai dari mengadakan pameran hingga hiburan.

"Kami ingin memberikan apresiasi sekaligus pengalaman berkesan bagi para penonton dan fan, mulai dari saat mereka tiba di Lombok hingga menyaksikan balapan di sirkuit," ujar Direktur Sales & Marketing Pertamina Dwi Puja Ariestya, dikutip dari keterangan resminya di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Dwi menegaskan, keterikatan masyarakat dengan MotoGP khususnya GP Indonesia penting diperkuat. Selain karena Indonesia menjadi salah satu tuan rumah kejuaraan balap motor itu, yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, MotoGP 2024 juga diikuti oleh tim yang disponsori oleh Pertamina.

Tim tersebut adalah Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang diperkuat dua pembalap berkewarganegaraan Italia Fabio Di Giannantonio dan Marco Bezzechi.

Pertamina Enduro merupakan merek dagang pelumas dari Pertamina Lubricants, yang adalah anak perusahaan PT Pertamina Patra Niaga, sub holding komersial dan perdagangan dari PT Pertamina (Persero).

Pertamina Lubricants menjadi sponsor utama dari tim MotoGP VR46 Racing Team mulai tahun 2024 dengan durasi kemitraan selama tiga musim.

Dan, khusus di GP Indonesia, Pertamina Enduro VR46 Racing Team menggunakan corak khusus di motor balap mereka yaitu warna merah dan putih yang identik dengan bendera kebangsaan Indonesia.

"Tahun ini adalah tahun yang spesial bagi penggemar MotoGP di Indonesia karena untuk pertama kalinya ada tim MotoGP dengan sponsor utama jenama oli tanah air. Ketika berlaga di home race, tim menggunakan livery (corak-red) dan racing suit dengan desain dan warna kebanggaan Indonesia," tutur Dwi.

Ada beragam program yang dilakukan Pertamina Lubricants untuk mendekatkan MotoGP ke masyarakat Indonesia di Mandalika, salah satunya dengan membuka stan di Bandar Udara Internasional Lombok dan di area Energizing You Festival di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

Baca juga: Empat pembalap binaan Astra Honda Indonesia bersaing di GP Mandalika

Di sana, Pertamina Lubricants memamerkan produk-produk GP Indonesia dan memberikan potongan harga untuk setiap pembelian produk mereka.

Dwi menyebut, pengunjung MotoGP juga diberikan kesempatan untuk merasakan menggunakan seragam balap Pertamina Enduro VR46 Racing Team dengan teknologi akal imitasi (AI).

Kemudian, pada hari balapan, Minggu (29/9), Pertamina Enduro akan memberikan hadiah jersi dan topi Pertamina Enduro VR46 Racing Team untuk para penonton yang berada di Grand Stand A di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menambah semangat penonton sekaligus mempererat kebanggaan mereka terhadap produk lokal yang turut berkompetisi di panggung global," kata Dwi.

Melalui berbagai program yang disebut Enduro Mandalika Experience itu, dia menambahkan, Pertamina Lubricants juga mau mendekatkan diri kepada masyarakat khususnya para penggemar olahraga motor dan pelaku industri otomotif tanah air.

"Kami mengajak pula seluruh penggemar MotoGP di Indonesia untuk turut bangga dan mendukung Pertamina Enduro VR46 Racing Team. Mari bersama-sama menunjukkan bahwa Indonesia bisa bersaing di panggung dunia. Dukungan mereka akan menggerakkan kami dan tim untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik," ujar Dwi Puja.

Baca juga: Pertamina Grand Prix tunjukkan Pertamina pemimpin industri energi