Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Indonesia U-20 tampil dominan dan atasi Timor Leste usai unggul 2-0 di babak pertama pertandingan kedua grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Stadion Madya, Jakarta, Jumat malam.

Garuda Muda terus menekan sejak menit awal permainan melalui pergerakan-pergerakan yang berasal dari sektor sayap.

Di menit ke-12 memanfaatkan umpan silang dari Alfharezzi di sektor kanan pertahanan, Jens Raven melepaskan tembakan akurat ke arah gawang yang masih mampu di blok oleh Pablo Macario. Namun bola liar langsung disambut oleh Jens untuk membawa Garuda Muda unggul 1-0.

Tiga menit berselang, Garuda Muda Kembali menambah keunggulan. Lagi-lagi dari sektor kanan Timor Leste yang keropos, pergerakan individu dari Toni Firmansyah mampu mengirimkan umpan silang terukur yang langsung disambut tendangan satu sentuhan oleh Afrisal. Indonesia unggul 2-0.

Pada menit ke-26, Jens Raven mempunyai peluang emas, namun tendangan salto yang dilepaskannya masih terlalu lemah dan bisa diamankan Pablo Macario.

Selama 30 menit pertandingan, Garuda Muda mendominasi penguasaan bola dan kerap melepaskan ancaman-ancaman melalui pergerakan-pergerakan dari sektor sayap. Sementara itu Timor Leste yang mencoba melakukan skema serangan balik kerap menemui kebuntuan karena rapatnya barisan pertahanan Garuda Muda yang dikawal oleh Meshaal Hamzah.

Di menit ke-32, pergerakan individu di lini tengah dari Luis Figo sempat memberikan ancaman untuk Indonesia. Namun tendangan dari Figo masih melebar di sisi kiri gawang Ikram Algiffari.

Tiga menit berselang Garuda Muda bergantian membalas serangan Timor Leste. Melalui umpan dari lini belakang yang dilepaskan oleh Meshaal, Alfharezzi mendapatkan ruang kosong. Namun tendangan kaki kiri Alfharezzi masih bisa ditangkis oleh Pablo Macario.

Tidak ada peluang yang berarti tercipta kembali hingga peluit babak pertama ditiup, skor 2-0 untuk keunggulan tim asuhan Indra Sjafri bertahan.

Baca juga: Yaman U-20 petik kemenangan kedua usai gilas Maladewa 3-0

Susunan pemain:

Timor Leste (4-3-3) : Pablo Macario (PG); Joaozinho Cristiano Amaral, Marques De Carvalho, Emidio Martins Braz, Aureo Viera Costa; Palomito Antonio, Luis Berdila, Leonio Quilton; Alexandro Bahkito Lemos, Luis Figo Ribeiro, Ricardo Bianco.

Indonesia (3-4-3) : Ikram Algiffari (PG); Kadek Arel, Meshaal Hamzah, Muhammad Iqbal Gwijangge; Dony Tri Pamungkas, Toni Firmansyah, Aditya Warman, Muhamad Alfharezzi Buffon; Arlyansyah Abdulmanan, Riski Afrisal, Muhammad Alfharezzi Buffon, Jens Ravens.