Jakarta (ANTARA) - Perusahaan jasa pertambangan PT Putra Perkasa Abadi (PPA) menerima penghargaan pada ajang Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik atau Good Mining Practices (GMP) Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

PPA mencatatkan nilai tertinggi Best of The Best dari 78 perusahaan yang meraih penghargaan GMP Award pada kategori kelompok Pemegang Izin Usaha Jasa Pertambangan. Ini merupakan ketiga kalinya PPA meraih trofi terbaik GMP Award, setelah sebelumnya pada tahun 2022 dan 2023.

Direktur Operasional PPA, R. Teguh Saptosubroto dalam keterangan resminya di Jakarta, Jumat mengatakan, penghargaan ini merupakan apresiasi atas perusahaan dalam menjalankan operasi pertambangan yang bertanggung jawab dan berkelanjutan, dan ini merupakan hasil kerja keras seluruh tim PPA dan mitra kerjanya.

“Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus mempertahankan dan meningkatkan standar tertinggi dalam operasional pertambangan yang berkelanjutan," ujar Teguh.

Pada acara yang digelar di Jakarta, Rabu (24/9/2024), PPA juga meraih empat penghargaan Aditama yakni PPA site Adoro Indonesia, PPA site MLP, PPA site Bukit Asam, dan PPA site Borneo Indobara. Sementara PT Antareja Mahada Makmur (AMM) yang merupakan anak perusahaan PPA, meraih satu penghargaan Aditama (Emas) untuk AMM site BIB, dua penghargaan Utama (Perak) untuk AMM site ABP dan Site MHU, serta satu penghargaan Pratama (perunggu) untuk AMM site MIFA.

Dirjen Minerba ESDM, Dr. Ing. Tri Winarno dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada PPA dan perusahaan tambang lainnya yang telah menerapkan kaidah pertambangan yang baik.

Menurut dia, penghargaan ini diharapkan dapat memotivasi seluruh insan pertambangan untuk terus meningkatkan standar operasional yang memprioritaskan keselamatan manusia, perlindungan lingkungan, serta kontribusi positif bagi negara dan masyarakat.

Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga menyampaikan terima kasih kepada perusahaan tambang atas kontribusi terhadap penerimaan negara. Ia menekankan pentingnya memperhatikan pengelolaan pascatambang dan menjaga kaidah pertambangan yang baik agar operasional pertambangan berkelanjutan.

Dengan penghargaan ini, PPA mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan jasa pertambangan yang tidak hanya berfokus pada produksi, tetapi juga memiliki komitmen dan tanggung jawab terhadap keselamatan kerja, lingkungan dan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

GMP Award merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM untuk memberikan apresiasi atas upaya perusahaan dalam menjaga praktik penambangan dengan mengedepankan keselamatan kerja, perlindungan lingkungan, penerapan konservasi mineral dan batubara, pengelolaan teknis serta penerapan standarisasi usaha jasa pertambangan.

Baca juga: PTBA raih 5 penghargaan "good mining practice" dari Kementerian ESDM
Baca juga: Pabrik anak usaha SIG di Jateng raih Good Mining Practice Award 2024
Baca juga: Vale raih penghargaan terbaik "good mining practices" Kementerian ESDM