Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 103 Anggota DPD RI mendeklarasikan dukungan kepada Wakil Ketua DPD RI 2019-2024 Sultan B Najamudin untuk menjadi Ketua DPD RI selanjutnya di periode 2024-2029 yang akan dimulai pada 1 Oktober setelah pelantikan.

Anggota DPD RI Angelo Wake Kako mengatakan seratusan Anggota DPD RI itu berasal dari yang petahana maupun yang terpilih untuk periode selanjutnya. Dia mengatakan para senator itu menginginkan sosok yang akan membawa perubahan.

"Perjalanan lima tahun DPD RI membangun kemitraan, kurang maksimal. Kita butuh sosok yang bisa membangun sinergisitas, dan posisi itu ada di Pak Sultan," kata Angelo di Jakarta, Jumat.

Adapun deklarasi itu dilakukan dalam kegiatan peluncuran buku berjudul "Green Democracy" karya Sultan B Najamudin di Hotel Fairmont, Jakarta. Dalam kegiatan itu, hadir juga sejumlah tokoh, mulai dari Yusril Ihza Mahendra, Anwar Usman, Jimly Asshiddiqie, Fahri Hamzah, hingga Sultan Hamengkubuwono X.

Baca juga: Sultan Najamudin raih penghargaan senator kritis di KWP Awards 2023

Baca juga: Sultan Najamudin minta Satyalancana Wira Karya Iwan Setiawan dicabut


Angelo, senator dari Daerah Pemilihan Nusa Tenggara Timur itu mengatakan deklarasi itu pun sekaligus mendukung paket Pimpinan DPD RI. Berdasarkan Tata Tertib DPD RI, pencalonan pimpinan perlu diajukan melalui sistem paket dengan mengajukan empat nama.

Adapun sejumlah senator yang didukung untuk menjadi Pimpinan DPD RI itu yakni Sultan B Najamudin, Yorrys Raweyai, Tamsil Linrung, dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

"Ini paket yang ideal. Sangat Indonesia, mewakili kaum perempuan ada, Pak Sultan, kelompok dari timur ada Bang Yoris, ini satu yang luar biasa," kata dia.

Menurutnya saat ini hanya tinggal empat hari menuju waktu pemilihan Pimpinan DPD RI setelah pelantikan. Dia pun yakin para Anggota DPD RI lainnya akan bergabung dengan kubunya itu karena rata-rata politisi akan bergabung dengan kubu calon pemenang.

"Mungkin tiba-tiba malam ini ada yang datang bergabung, besok bergabung. Syukur apabila ini aklamasi jauh lebih baik," ucapnya.