Palembang (ANTARA) - PT Semen Baturaja (SMBR) meraih penghargaan dari Kementerian ESDM atas komitmen menerapkan good mining practice (GMP) yakni aspek pengelolaan keselamatan serta aspek pengelolaan lingkungan hidup pertambangan mineral dan batu bara.

Direktur Operasi SMBR Muhammad Syafitri di Palembang, Jumat, mengatakan bahwa penghargaan itu ditandatangani oleh Menteri ESDM Bahlil Lahadalia pada Rabu 25 September 2024.
Ia menambahkan bahwa penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan praktik pertama dan bertanggung jawab.

SMBR dinilai telah melakukan pengelolaan tambang dengan sangat baik dari sisi operasional maupun kepatuhan terhadap standar keselamatan. Penghargaan itu juga menegaskan komitmen perseroan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan keselamatan kerja di setiap lini operasi.

"Ini semakin memotivasi kami untuk terus menerapkan kaidah good mining practice sebagai bentuk penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance)," katanya.
Menurutnya keselamatan kerja adalah prioritas utama dalam setiap kegiatan operasional dan pihaknya selalu memastikan bahwa setiap karyawan mendapatkan pelatihan keselamatan yang memadai dan dilengkapi dengan teknologi pengamanan yang terbaik.
Pada aspek keselamatan di area pertambangan, SMBR mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di setiap lini usaha dengan menerapkan standar keselamatan yang ketat untuk mencapai target Zero Fatality, Nihil Penyakit Akibat Kerja (PAK), serta Nihil Kejadian Akibat Penyakit Tenaga Kerja (KAPTK).

Vice President of Mining & Waste Management SMBR sekaligus Kepala Teknik Tambang (KTT) SMBR Muhammad Beni menegaskan bahwa SMBR selalu melakukan mitigasi risiko kecelakaan kerja dan inspeksi tambang secara rutin untuk memastikan keselamatan karyawan serta meminimalisir potensi bahaya di lingkungan kerja.

Baca juga: SMBR budayakan keselamatan kerja di area tambang
Baca juga: Semen Baturaja raih penghargaan program TJSL
Baca juga: Semen Baturaja raih penghargaan TOP CSR Awards 2024