Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meraih penghargaan atas kontribusinya menghadirkan media center yang berguna menyebarkan informasi dan kabar terbaru mengenai penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan itu diberikan oleh perwakilan tuan rumah PON XXI Aceh-Sumut Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni dan diterima langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Media Center Kominfo sudah banyak membantu rekan-rekan awak media baik yang dari Indonesia maupun luar negeri, karena kami menyediakan fasilitas lengkap berupa layanan telekomunikasi hingga tempat kerja yang nyaman bagi wartawan,” kata Budi menjelaskan peran media center tersebut di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Panwasrah sebut pusat media utama PON di Sumut bertaraf internasional

Menurut Budi, dalam setiap acara di tingkat nasional hingga internasional, Kementerian Kominfo pasti akan menyediakan fasilitas media center untuk awak media mendapatkan informasi terbaru hingga melakukan tugas-tugasnya.

Hal ini sejalan dengan fungsi komunikasi publik yang menjadi tanggung jawab Kementerian Kominfo di dalam setiap penyelenggaraan acara di tingkat nasional hingga internasional.

Dengan demikian hadirnya media center di PON XXI Aceh-Sumut memang sudah menjadi tanggung jawab dan tugas dari Kementerian Kominfo agar penyebaran informasi acara olahraga tingkat nasional tersebut tersebar dengan mudah di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan media center yang lebih baik untuk PON 2028

Budi mengapresiasi tuan rumah PON XXI yang telah memberikan penghargaan kepada Kementerian Kominfo setelah melakukan tugasnya dengan baik.

"Atas nama sivitas Kementerian Kominfo, saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pj Gubernur Sumatera Utara Bapak Agus Fatoni atas piagam penghargaan kepada Media Center Kominfo pada penyelenggaraan PON XXI Aceh - Sumut,” katanya.

Pj Gubernur Sumatera Utara Agus Fatoni mengatakan apresiasi diberikan kepada Kementerian Kominfo karena menghadirkan fasilitas yang lengkap bagi para awak media.

Baca juga: Kominfo buka media center di Aceh untuk dukung peliputan PON XXI

Ia berpendapat bahwa media center yang disiapkan untuk PON XXI Aceh-Sumut memiliki standar untuk acara internasional dengan fasilitas mulai dari ruang pers, studio mini dan ruang broadcast bagi para awak media TV, dan fasilitas pendukung lainnya.

"Jadi hari ini kami ingin memberikan piagam penghargaan kepada Bapak Menteri Budi Arie sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” kata Agus.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan ragam fasilitas di pusat media PON XXI

Baca juga: Kemenkominfo siapkan media center lengkap untuk Peparnas 2024