Jakarta (ANTARA) - Unggulan ketiga Daniil Medvedev mengawali perjuangannya di China Open tahun ini dengan mengalahkan Gael Monfils 6-3, 6-4, Jumat, untuk mencapai babak kedua.

Medvedev meraih kemenangan dalam waktu 92 menit dan bangkit dengan cepat dari kekalahan dari Frances Tiafoe dan Ben Shelton pekan lalu di Laver Cup.

Sedangkan upaya Monfils meraih kemenangan digagalkan oleh ketidakmampuannya untuk menyamai konsistensi Medvedev. Menurut statistik ATP, petenis Prancis itu melakukan 46 kesalahan sendiri, sementara Medvedev hanya melakukan 22 kesalahan sendiri.

"Saya pikir rencana permainan tidak banyak berubah (sepanjang pertandingan)," kata Medvedev yang kalah dari Jannik Sinner di final 2023, seperti disiarkan laman resmi ATP, Jumat.

"Di satu sisi, kami berdua suka menyerang. Saya kira saya mungkin sedikit lebih suka menyerang daripada dia, tetapi saya pikir ia mengalami kesulitan untuk menyerang. Dia bertahan dengan sangat baik. Anda harus menjadi penyerang yang sangat bagus, seperti salah satu yang terbaik, atau Anda harus menunggu kesempatan."

"Jadi itulah yang saya coba lakukan. Menunggu kesempatan saya. Saya pikir saya punya lebih banyak peluang, jadi saya pikir saya pantas menang," ujar Medvedev yang akan melawan Adrian Mannarino di babak kedua.

Dengan mengalahkan Monfils, Medvedev meraih 40 kemenangan tingkat tur untuk musim ini. Ini adalah keenam kalinya petenis berusia 28 tahun itu mencapai jumlah itu dalam kariernya, dan kemenangan terbarunya juga memperbesar peluang kualifikasi ATP Finals.

Baca juga: Gauff bersemangat hadapi China Open dengan tim pelatih yang baru

Medvedev tetap berada di posisi keempat dalam ATP Live Race To Turin, unggul 580 poin atas Taylor Fritz yang berada di posisi kelima.

"Sejujurnya, kemenangan bukanlah hal yang penting karena tergantung pada berapa banyak turnamen yang Anda ikuti, tetapi tetap menyenangkan untuk memenangkan banyak pertandingan," kata Medvedev.

"Jadi, saya senang bahwa saya berhasil terus memenangi pertandingan. Saya masih harus mengikuti beberapa turnamen, jadi saya memiliki kesempatan untuk meningkatkan perolehan poin."

"Saya mencoba untuk konsisten sepanjang tahun. Terkadang saya lebih konsisten, terkadang kurang, tetapi itulah yang ingin saya lakukan," ujar Medvedev.

Baca juga: Sinner ingin terus berkembang meski berada di musim terbaiknya
Baca juga: Juara bertahan Swiatek mundur dari China Open karena alasan pribadi