Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta menebar 10 ribu benih ikan endemik Jakarta seperti tawes, sepat, dan nilem di Waduk Citra 8, Kalideres, Jakarta Barat, Jumat.

Kepala Bidang Perikanan Dinas KPKP DKI Jakarta Eni Suparyani menyebut penyebaran benih ikan itu bertujuan untuk mempertahankan keberadaan ikan endemik Jakarta.

Baca juga: PAM JAYA dapat tambahan pasokan air dari Waduk Jatiluhur

"Jadi sekarang ini ikan endemik DKI Jakarta itu sudah hampir habis. Ikan endemik itu seperti nilem, kemudian tawes, sepat. Jadi kita coba tambah lagi supaya tidak habis," tutur Eni di lokasi, Jumat.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat Novy C. Palit menyebut penebaran benih ikan ini hasil kerja sama dengan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan pengelola setempat untuk menyebar benih ikan.

"Ini program dari Dinas KPKP melibatkan pengelola Citra kemudian kita melibatkan pengelola dari Sudin Gulkarmat, membantu untuk kita menebarkan benihnya di tengah-tengah waduk," tutur Novy.

Baca juga: Heru minta warga rawat Waduk Batu Bangkong di Cipayung

Adapun Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menyoroti pembenihan ikan endemik itu sebagai upaya memperkaya ekosistem di Waduk Citra 8 dan memantapkan waduk tersebut sebagai destinasi wisata.

"Dengan adanya pembenihan ikan, selain untuk menjaga ekosistem, juga ini akan menjadi tempat wisata warga masyarakat lokal. Di sini bisa melihat atau menikmati kuliner yang ada, juga bisa menikmati bagaimana di dalam kepenatan suasana Jakarta Barat masih bisa melihat danau buatan yang cukup indah," kata Uus melanjutkan.

Uus juga memberi sinyal hijau untuk warga dapat memancing di waduk tersebut setelah pembenihan namun dengan metode yang disetujui oleh pihak pengelola.

"Boleh, yang penting jangan diserok. Kalau yang pancing banyak. Kalau yang pancing banyak di sini. Mungkin nanti di sini ada pengelola juga kan, nanti bisa koordinasi komunikasi sehingga dari Sudin KPKP dan dari pengelola dari kawasan Citra 8 juga bisa bersinergi untuk kegiatan-kegiatan yang lainnya," kata Uus.

Uus berharap Kawasan Waduk Citra 8 dapat menjadi kawasan wisata atau rekreasi masyarakat.

Baca juga: Ini upaya DKI untuk antisipasi kekeringan saat kemarau

"Harapannya sudah barang tentu kawasan ini bisa menjadi tempat untuk rekreasi, mencari kuliner, mencari hiburan warga di sekitar Kecamatan Kalideres khususnya," kata Uus.

Selanjutnya, Uus menyebut bahwa penyebaran benih ikan juga akan dilakukan di Waduk Aseni, Semanan, Kalideres sehingga manfaat serupa juga ada di waduk lain.

"Ada, seperti yang sudah dibuat dan sedang berproses saat ini di Semanan, ada yang namanya waduk Aseni. Itu juga mungkin nanti ke depannya bisa seperti ini, bisa dimanfaatkan, bisa dinikmati oleh warga masyarakat untuk bersantai, berrekreasi dan itu diharapkan selain untuk menengahi banjir," kata Uus.