Jakarta (ANTARA) - Praktisi kesehatan masyarakat dr. Ngabila Salama, MKM mengingatkan gaya hidup modern yang serba cepat dapat berdampak terhadap kesehatan lambung.

"Di tengah gaya hidup modern yang serba cepat, banyak individu menghadapi masalah kesehatan lambung yang serius, dengan kondisi seperti mual, perut kembung, dan gastritis menjadi yang paling umum," ujar dia dalam rilis pers, Jumat.

Dia mengatakan, kebiasaan makan yang tidak teratur, stres, dan kurangnya perhatian terhadap pola makan sehat menjadi faktor utama yang memperburuk masalah ini.

Baca juga: Pentingnya menjaga kesehatan lambung di tengah tren makanan viral

Baca juga: Perbedaan GERD dan tukak lambung serta cara penanganannya


Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk lebih memperhatikan kesehatan lambung dan mengenali tanda-tanda awal gangguan pencernaan.

Sebagai solusi, dia mengatakan perubahan gaya hidup yang sederhana namun efektif dapat membantu meredakan gejala gangguan lambung.

Pertama, penting untuk mengatur pola makan dengan konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran dan buah- buahan, serta menghindari makanan pedas dan berlemak.

Selain itu, praktik mindfulness dan teknik relaksasi dapat membantu mengurangi stres yang berkontribusi terhadap masalah lambung.

Di samping itu, dr. Ngabila menambahkan, obat alami juga dapat berperan dalam meredakan gangguan mual dan perut kembung secara efektif.

Rempah-rempah seperti jahe dan peppermint telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi dan dapat membantu meredakan gejala tersebut. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi jahe dapat mengurangi mual pada pasien yang mengalaminya.

Menurut dia mengintegrasikan solusi alami ini ke dalam rutinitas harian tidak hanya mendukung kesehatan lambung, tetapi juga memberikan alternatif yang lebih aman dibandingkan dengan obat-obatan kimia.

"Dengan langkah-langkah ini, kita dapat lebih baik dalam menjaga kesehatan lambung di tengah kesibukan hidup sehari-hari," ujarnya.

Salah satu suplemen herbal yang bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan lambung adalah Herbavomitz.

Suplemen ini mengandung jahe emprit yang dibuat dengan metode AFT (Advanced Fractionation Technology), yang merupakan teknologi ekstraksi bertingkat. Herbamovitz dirancang untuk memberikan kelegaan yang cepat dari gejala kembung dan mual.

"Dengan mengintegrasikan Herbavomitz ke dalam rutinitas sehari-hari, individu dapat merasakan peningkatan kesehatan pencernaan yang berkelanjutan dan lebih nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari," kata Brand Manager Herbavomitz Devi Eliya.

Baca juga: Atasi sakit maag dengan memperbaiki gaya hidup

Baca juga: Waspada terhadap lima gejala tukak lambung

Baca juga: Gejala mirip sakit maag, kanker lambung sulit dideteksi