Surabaya (ANTARA) - Direktur Utama PT Terminal Teluk Lamong (TTL) David Pandapotan Sirait menyatakan peningkatan kunjungan kapal selama Agustus 2024 dipicu kinerja bongkar muat yang semakin baik sehingga menghasilkan port stay kapal lebih singkat.
"Jumlah kunjungan kapal naik sebesar delapan persen, atas total kunjungan 132 unit kapal dengan 1.284.253 GT pada Agustus 2024 dibandingkan dengan periode yang sama pada 2023 total kunjungan hanya 122 unit kapal dengan 1.179.349 GT," kata David dalam keterangannya di Surabaya, Jumat.

Secara Year To Date (YTD), kata David, hingga Agustus 2024, jumlah kunjungan kapal juga meningkat dari 730 unit kapal menjadi 809 unit kapal dan mencatatkan kenaikan kunjungan sebesar 10,8 persen.

"Efisiensi ini mendorong Shipping Line untuk menambah kapal baru dan membuka rute-rute baru, termasuk rute baru dari PT Meratus Line (Surabaya-Tangkiang-Kendari), PT SPIL (Balikpapan-Palu), dan Tanto (Makassar-Kendari)," katanya.

Termasuk juga pada bulan yang sama, lanjutnya, terdapat penambahan service baru International CIX Service tujuan Intra Asia dan sebelumnya gabungan dari Wanhai Line-InterAsia Line dan KMTC untuk tujuan MiddleEast dan India Sub kontinental.

"Kehadiran rute-rute baru ini tidak hanya meningkatkan jumlah kunjungan kapal, tetapi juga memperluas jangkauan logistik Terminal Teluk Lamong, serta memberikan opsi distribusi yang lebih luas bagi pelanggan," ucap David.

Selain itu, efek peningkatan kunjungan kapal tersebut juga terlihat pada arus peti kemas yang turut mengalami peningkatan sebesar 10 persen dari tahun sebelumnya yakni 72.722 Teus menjadi 79.948 Teus pada 2024.

David menambahkan, secara Year To Date (YTD) hingga Agustus 2024, jumlah arus peti kemas meningkat 6,4 persen dari 546.324 Teus menjadi 581.525 Teus.

Oleh karena itu, menurut David, dengan adanya kepercayaan yang terus meningkat dari Shipping Line dan pelanggan, merupakan bukti atas komitmen pihaknya dalam memberikan pelayanan yang andal dan efisien.

"Kepercayaan shipping line yang terus meningkat merupakan hasil dari kinerja operasional yang excellent, kami yakin hingga akhir tahun ini pun kinerja TTL akan semakin baik," ujarnya.

Tak hanya itu, keberhasilan ini menjadikan perusahaannya sebagai terminal pilihan yang mampu mengakomodir kebutuhan operasional terus berkembang dan memastikan pengiriman lebih efisien bagi mitra dan pelanggan.

Baca juga: Pelindo operasikan Jalan Layang Teluk Lamong Surabaya
Baca juga: Pelindo Regional 3 segera resmikan flyover Teluk Lamong