Beijing (ANTARA) - Kantor berita China, Xinhua, pada Kamis (26/9) membuka pameran foto yang mendokumentasikan transformasi bersejarah negara tersebut dalam beberapa dekade terakhir.

Pameran tersebut dibuka di Pusat Informasi Keuangan Nasional di Beijing beberapa hari sebelum 1 Oktober sebagai peringatan HUT ke-75 China.

Foto yang dipamerkan berjumlah hampir 500 foto yang mencakup berbagai periode sejarah, dipilih dari koleksi Xinhua yang berisi lebih dari 10 juta gambar, arsip foto terbesar di negara tersebut.

Fu Hua, presiden Kantor Berita Xinhua, mengatakan bahwa kantor berita tersebut berdedikasi untuk menangkap esensi zaman melalui citra dan mengemban tanggung jawab penting untuk mencatat peristiwa bersejarah.

Dengan menggunakan perspektif jurnalistik untuk menggambarkan perubahan masyarakat, pameran tersebut menyatukan fragmen-fragmen kenangan nasional dan kolektif yang telah mengamankan tempatnya dalam sejarah, kata Fu.

"Pameran tersebut telah mendokumentasikan perjalanan pembangunan bangsa yang gemilang dan langkahnya menuju kemakmuran," kata Fu.

"Dalam perjalanan baru ini, kami akan terus berkolaborasi dengan rekan-rekan media dan organisasi terkait, menggunakan pena dan lensa kami untuk berkontribusi dalam membangun Tiongkok yang kuat dan memajukan peremajaan nasional," tambah dia.

Selain pameran utama di Beijing, beberapa pameran satelit akan diadakan di seluruh negeri.