Jakarta (ANTARA News) - Seorang pria yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor, yakni Maju Santoso alias Mayo, tewas didor oleh petugas Polda Metro Jaya seusai menembak dua orang polisi pada Senin sekitar pukul 11.00 WIB.

"Pelaku asal Cirebon Jawa Barat. Petugas terpaksa melumpuhkan pelaku karena melakukan perlawanan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Rikwanto di Jakarta Senin.

Rikwanto menyebutkan pelaku menembak dua anggota Subdirektorat Kejahatan dan Kekerasan Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya yakni Aipda Eko Widianto dan Briptu Jefri.

Aipda Eko mengalami luka pada bagian kaki dan Briptu Jefri terkena tembakan pada bagian perut.

Rikwanto menjelaskan kronologi kejadian saat polisi mengembangkan kasus pencurian kendaraan bermotor yang mengarah kepada pelaku Mayo.

Polisi mengintai salah satu komplotan pelaku pencurian itu saat bersama istri dan anaknya sejak di Pulogadung Jakarta Timur.

Pelaku yang menggunakan mobil sedan curiga diikuti petugas kemudian masuk ke jalur lambat tepat di depan kantor Samsat Jakarta Timur Jalan DI Panjaitan.

Saat pelaku menghentikan kendaraannya, Briptu Jefri keluar dari mobil untuk menghampiri namun pelaku mengeluarkan senjata jenis revolver.

"Kemudian menembak Briptu Jefri," ujar Rikwanto.

Aipda Eko langsung keluar membantu Briptu Jefri dan membalas tembakan itu hingga mengenai kepala pelaku.

Saat ini, kedua anggota itu menjalani perawatan di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta Timur.

(T014/T007)