Jakarta (ANTARA) - Peserta ASN Talent Academy yang merupakan program Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI dibekali ilmu dari instansi di luar birokrasi dengan memberikan kesempatan mereka magang di sejumlah korporasi.

"Kegiatan magang ini membekali Peserta dengan kemampuan mengaktualisasikan kepemimpinan yang melayani untuk mendukung pelaksanaan tugas pengendalian kegiatan pelayanan publik," kata Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN RI Basseng di Jakarta, Kamis.

Basseng mengatakan bahwa peserta ASN Talent Academy yang berasal dari sejumlah instansi pemerintah maupun lembaga di pusat maupun daerah dibekali sejumlah pembelajaran kepemimpinan selama tiga bulan.

Salah satunya kata Basseng, peserta yang berjumlah 40 dibekali dengan pembelajaran magang di sejumlah korporasi ternama di Indonesia, baik BUMD, BUMN, maupun swasta.

Ia menjelaskan, dipilihnya magang di luar instansi birokrasi ini bertujuan untuk membekali mereka bagaimana pelayanan publik di korporasi.

"Salah satu pembelajaran yang khas dari ASN Talent academy merupakan adanya pembelajaran magang di tingkat korporasi yang dilaksanakan oleh peserta untuk mengimplementasikan dan memperoleh pembelajaran dari sudut pandang lain tentang materi yang telah dipelajari," tuturnya.

Selain di korporasi, peserta kata Basseng, juga dibekali kegiatan patok banding dengan lokus Negara Malaysia sebagai tujuan pembelajaran.

Ia berharap dengan patok banding ini, peserta mampu mengadopsi dan mengadaptasi praktik baik atau praktik terbaik dalam mengelola kebijakan dan pelayanan publik baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Harapannya tentu mampu mengadaptasi keunggulan tersebut sebagai bahan peningkatan pelayanan masyarakat di Indonesia," katanya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq mengatakan bahwa program ASN Talent Academy merupakan upaya untuk menyiapkan pemimpin birokrasi masa depan yang dapat beradaptasi dengan tantangan.

"Mereka ini berkompetisi sehingga mendapatkan talenta terbaik yang disaring selama ujian pembelajaran," kata Taufiq.

Menurut dia, ASN Talent Academy merupakan program dari LAN RI yang bertujuan membentuk kepemimpinan pelayanan yang mampu mendorong perubahan dalam manajemen pelayanan publik.