Jakarta (ANTARA) - Lando Norris menjadi salah satu pembalap muda unggulan tim McLaren dalam ajang olahraga balap mobil bergengsi Formula 1.

Lahir di Bristol Inggris pada 13 November 1999, nama Lando Norris belakangan ini menarik perhatian usai berhasil memenangi Grand Prix F1 Miami 2024 di Miami International Autodrome, Florida, pada Mei lalu.

Kemenangannya ini menjadi yang pertama bagi Norris sejak bergabung dengan F1 lima tahun lalu.
Pebalap Lando Norris dan McLaren P1 yang terbuat dari lego. (ANTARA/Jeff Moore for planetf1.com)


Lando Norris mengawali karier balapannya dengan bermain di dunia karting dan mengikuti sejumlah kompetisi kejuaraan. Lando Norris berhasil memenangkan sejumlah penghargaan seperti juara Formula Kart Stars dan runner-up di MSA Super One British Championship pada 2012.

Pada tahun 2014, Lando naik ke KF-kategori gokart senior utama sekaligus berkompetisi di Ginetta Junior Championship dan berhasil menjadi pemenang di Kejuaraan Dunia CIK-FIA KF, menjadikannya pembalap berusia 14 tahun menjadi pemenang kejuaraan dunia karting termuda.

Pada 2015, Norris mengikuti balapan mobil dengan berkompetisi di Formula 4, ia berhasil meraih beberapa kemenangan dan gelar juara di MSA Formula Championship, hingga dinobatkan sebagai Juara Formula 4 FIA Inggris Raya di Brands Hatch.
Lando Norris dari tim McLaren-Mercedes berkompetisi pada sesi kualifikasi di trek balap Hungaroring di Mogyorod dekat Budapest pada 20 Juli 2024, menjelang Grand Prix Formula Satu Hongaria. ANTARA/AFP/Attila Kisbenedek/pri. (AFP/ATTILA KISBENEDEK)


​​​​​​​Norris naik ke kategori Formula 3 pada tahun 2017 bergabung dengan tim Carlin, ia berhasil menjadi Juara Formula 3 Eropa FIA termuda.

Keberhasilannya menarik perhatian tim Formula 1, McLaren, Norris menjadi pembalap junior untuk McLaren. Di akhir 2017, Lando Norris menjadi pembalap uji dan cadangan tim F1 Inggris pada tahun 2018.

Pada 2018, Lando diumumkan sebagai pembalap McLaren di Kejuaraan Dunia Formula 1 2019 bersama Carlos Sainz Jr. Balapan debutnya untuk McLaren di Grand Prix Australia dan menjadi salah satu pembalap muda, ia lolos kualifikasi di posisi ke-8.

Kini, Norris berhasil meraih sejumlah kemenangan di GP F1 musim 2024, yakni GP F1 Miami International Autodrome, Florida pada Mei lalu, GP F1 Belanda di Sirkuit Zandvoort pada Agustus lalu, dan GP F1 di Sirkuit Marina Bay Street, Singapura pada September.

Kemenangannya ini membuat Norris mengoleksi 279 poin di posisi kedua klasemen sementara, mendekati poin dari pembalap Red Bull Max Verstappen yang berada di urutan pertama.


Baca juga: Profil Lewis Hamilton, pilot jet darat juara dunia tujuh kali

Baca juga: Profil Max Verstappen, pembalap muda juara dunia F1 tiga kali berturut

Baca juga: Profil Brad Binder, bintang MotoGP dari Afrika Selatan