Jakarta (ANTARA) - Lewis Hamilton menjadi salah satu bintang pembalap asal Inggris yang menjadi sorotan di dunia balap mobil bergengsi Formula 1.

Pria kelahiran Stevenage, Inggris pada 7 Januari 1985 itu telah meraih sebanyak tujuh kali gelar juara dunia F1, yakni tahun 2008, 2014, 2015, 2017, 2018, 2019, 2020.

Lewis Hamilton mengawali dunia balap sejak usia 8 tahun dengan bermain balap kart.

Setelah dibelikan gokart pertamannya oleh Ayahnya, Lewis mulai mengikuti gokart secara kompetitif dan mengumpulkan banyak kemenangan, hingga memenangkan British Go Kart Championship saat berusia 10 tahun.

Tiga tahun kemudian Hamilton menandatangani kontrak dengan McLaren and Mercedes-Benz Young Driver Support Programme, di mana ia diberi dukungan dan sokongan untuk berlatih dan mengembangkan keterampilannya.
Pembalap Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton dan pembalap Mercedes asal Inggris George Russell (belakang) berlaga pada Grand Prix Formula Satu Inggris di sirkuit balap motor Silverstone di Silverstone, Inggris tengah, pada 7 Juli 2024. ANTARA/AFP/Benjamin Cremel/pri. (AFP/BENJAMIN CREMEL)


Pada tahun 2007, Lewis Hamilton bergabung dengan tim McLaren F1. Pada tahun 2008, di usia 23 tahun, ia berhasil mendapat Gelar Juara Pembalap F1 pertama di Grand Prix Brasil 2008, menjadi salah satu juara termuda dalam olahraga ini.

Setelah enam tahun di McLaren, Lewis pindah ke Tim F1 Mercedes-AMG PETRONAS pada 2013. Lewis Hamilton mendominasi musim F1 pada tahun 2014, berhasil mendapatkan gelar juara pembalap dunia keduanya di Grand Prix F1 Abu Dhabi. Lewis juga memenangkan BBC Sports Personality of the Year untuk pertama kalinya.

Lewis Hamilton berhasil mendominasi musim 2015, dengan keberhasilannya meraih gelar juara dunia untuk yang ketiga kalinya di Grand Prix F1 Amerika Serikat.

Pada musim 2017 Lewis Hamilton berhasil mengamankan gelar juara dunia keempatnya di GP F1 Meksiko. Ia memenangkan gelar juara pembalap kelimanya di GP Abu Dhabi pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, Lewis Hamilton berhasil mengamankan gelar juara pembalap keenamnya. Pada Grand Prix F1 Turki di Istanbul 2020, Lewis Hamilton menulis sejarah F1 dengan menyamai rekor Michael Schumacher dengan berhasil mendapat gelar F1 yang ketujuh dan dalam prosesnya memecahkan rekor kemenangan balapan terbanyak dalam olahraga tersebut.

Baca juga: Finis P8 di Belanda, Lewis Hamilton sesalkan hasil di kualifikasi

Baca juga: Hamilton yakin Mercedes bisa lanjutkan performa apik di paruh kedua

Baca juga: Russell segel gelar GP Belgia usai rebut posisi terdepan dari Hamilton