Jakarta (ANTARA) - Putra almarhum (Alm) Haji Lulung, Guruh Tirta Lunggana membentuk Relawan Majelis Pasti Pilih Pramono Doel atau "MP3 Doel" untuk memenangkan pasangan calon (paslon) Pramono Anung-Rano Karno dalam Pilkada DKI 2024.

"MP3 Doel ini adalah wadah yang dibentuk untuk menghimpun kembali teman-teman dan kolega almarhum Haji Lulung waktu membantu Anies-Sandi dulu," kata Tirta Lunggana di Jakarta, Kamis.
Tirta menyampaikan dukungannya usai menggelar pertemuan dengan calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung di kediamannya, kawasan Jalan Haji Ambas, Kemang, Jakarta Selatan.


Bahkan, dia mengaku sudah membentuk Relawan MP3 Doel yang terdiri dari orang-orang atau jaringan Alm Haji Lulung saat mendukung Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilgub Jakarta 2017.

Mereka terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, politisi, mantan pejabat Pemprov DKI hingga para pengusaha.

Baca juga: Tiga paslon sepakat tawarkan purna pejabat tangani masalah Jakarta

Alasan dirinya mendukung Pramono-Rano karena keduanya merupakan pasangan terbaik untuk memimpin Jakarta lima tahun ke depan.

Dia menilai Pramono adalah seorang politisi senior sekaligus birokrat yang mempunyai pengalaman panjang di pemerintahan.

"Mas Pram juga bersahabat dengan semua kalangan dan pergaulannya lintas golongan. Ia juga politisi senior yang sudah teruji diterima semua partai dan tokoh politik,” jelasnya.

Sebagai menteri selama sembilan tahun dan pernah menjadi Wakil Ketua DPR RI, Pramono menurut Tirta telah ikut berkontribusi dalam pembangunan Jakarta. Salah satunya pembangunan Jakarta International Stadium (JIS).
Sementara sosok Rano, lanjut Tirta, merupakan tokoh Betawi yang merupakan cerminan masyarakat inti Jakarta.

Baca juga: KPU Jaktim terima 14.560 bilik suara untuk Pilkada Jakarta

"Bang Rano juga berpengalaman memimpin Banten dan juga mantan anggota DPR. Tentu sudah biasa menyerap aspirasi rakyat," ungkapnya.

Sehingga, menurutnya, semua hal yang terkait dengan budaya Betawi di Jakarta akan terus dilestarikan dan dikembangkan.

Hal baik
Selain itu, Tirta juga berharap, Pramono-Rano melanjutkan hal-hal baik yang telah ditorehkan Gubernur Jakarta sebelumnya, mulai dari era Sutiyoso atau Bang Yos, Fauzi Bowo hingga Anies Baswedan.
Tirta pun menekankan, ia bersama para relawan MP3 Doel yang kebetulan banyak terdiri dari tokoh masyarakat dan eks kader PPP akan menyasar kalangan umat Islam yang mungkin sebagian masih belum terjangkau.


"Kami akan masuk ke jaringan ulama, kiai, habib, hingga majelis taklim agar lebih mudah berkomunikasi dan menitipkan masa depan Jakarta kepada Mas Pram dan Bang Rano," katanya.

Baca juga: KPU Jakpus terima 1.555 kotak suara hingga segel untuk Pilkada 2024

Sebelumnya, KPU DKI Jakarta secara resmi telah menetapkan tiga paslon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Minggu (22/9).

Ketiga paslon tersebut adalah Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel), Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dari independen.