Mataram (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan dua helikopter di helipad Medical Center Sirkuit Mandalika selama berlangsungnya MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada 27-29 September 2024.

"Helikopter berjenis Dhauphin AS 365 N3+ dengan nomor registrasi HR-3603 dan HR-3606 tiba hari ini di Sirkuit Mandalika," kata Kepala Kantor SAR Mataram Lalu Wahyu Efendi, di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, helikopter ini nantinya akan digunakan untuk evakuasi medis udara bagi pembalap yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan penanganan cepat.

Baca juga: DAMRI siapkan 161 angkutan gratis untuk penonton MotoGP Mandalika 2024

"Sebelumnya dibawa ke medical center, namun apabila dibutuhkan penanganan lebih lanjut, akan dievakuasi menggunakan helikopter ke RSUD Provinsi NTB," ujarnya.

Menurut dia, pihak Dorna sempat meninjau kesiapan helikopter yang disiagakan dan melaksanakan simulasi proses penanganan pembalap yang mengalami kecelakaan.

"Simulasi sebagai bentuk kesiapsiagaan kita membantu proses evakuasi," ujarnya.

Baca juga: Seluruh logistik MotoGP Mandalika sudah tiba di Lombok

Selain wilayah sirkuit, Basarnas juga menyiagakan personel beserta peralatan SAR di pelabuhan dan bandara.

Sebelumnya Direktur RSUD Provinsi NTB dr Lalu Herman Mahaputra mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 150 tenaga medis, terdiri atas dokter spesialis dan perawat yang bertugas selama ajang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Selain tenaga medis, pihaknya juga menyiapkan sejumlah fasilitas atau peralatan untuk mendukung kelancaran, termasuk dua unit helikopter Basarnas dan 10 ambulans.

Baca juga: Pemprov NTB siapkan 60 UMKM di MotoGP Mandalika 2024

"Kalau untuk helikopter dari Basarnas, sedangkan ambulans ini kita siapkan dari rumah sakit terdekat, ada dari Rumah Sakit Mandalika, Rumah Sakit Praya, dan Rumah Sakit Tripat. Jadi semua rumah sakit siap membantu," ujarnya.