Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menjangkau sebanyak 4.521 pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) atau penyandang masalah kesejahteraan (PMKS) selama periode Januari-Agustus 2024.

"Adapun PPKS terbanyak yang dijangkau adalah gelandangan sebanyak 1.080, orang terlantar sebanyak 742 dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) sebanyak 585 orang (sementara sisanya jenis PMKS lainnya)," kata Kepala Dinas Sosial Premi Lasari di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Satpol PP DKI jangkau 659 PPKS jaga ketertiban umum di Jakarta

Dia mengatakan Satgas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial bersama Suku Dinas Sosial lima wilayah secara rutin melakukan monitoring wilayah dan juga melakukan penghalauan serta penjangkauan terhadap PPKS di Jakarta.

Kegiatan penjangkauan ini demi menjaga kenyamanan warga yang beraktivitas di Jakarta.

Merujuk Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 169 Tahun 2014 tentang Pola Penanganan PMKS, diketahui tahapan pola penanganan PMKS terbagi menjadi beberapa tahapan yakni pencegahan, pemberian layanan kesejahteraan sosial, kemudian pembinaan, pengendalian dan pengawasan ketertiban umum, serta pembinaan lanjut.

Baca juga: Satpol PP DKI gelar Operasi Bina Tertib Praja

Sebelumnya Satgas P3S menjangkau seorang pengemis di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur yang berpura-pura tak memiliki kaki, pada Selasa (25/9).

Semula, Satgas P3S Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur pada Minggu (22/9) mendapati seorang pengemis di depan rumah makan di Jalan Hj. Naman, Duren Sawit, Jakarta Timur pada pukul 21.00 WIB.

Petugas kemudian melakukan asesmen dan mengetahui pengemis atas nama Bowo (43) asal Surabaya, Jawa Timur hanya berpura-pura. Dia melipat kaki di dalam celana yang digunakan berlapis.

Baca juga: DKI kemarin, Dinsos jaring 2.070 PPKS hingga persiapan pilgub

“Dia mengaku melakukan aksinya dengan mencontoh pengemis serupa dari sebuah kanal di Youtube,” ujar Premi.

Petugas kemudian melakukan pendataan pada Bowo dan merujuknya ke Panti Sosial Bina Insan (PSBI) Bangun Daya 2 Cipayung, Jakarta Timur untuk mendapatkan layanan dan bimbingan sosial lebih lanjut.