Beijing (ANTARA) - Sampel Bulan yang dikumpulkan oleh misi Chang'e-6 dari sisi jauh Bulan akan dipamerkan dalam ajang Pameran Penerbangan dan Kedirgantaraan Internasional China (China International Aviation and Aerospace Exhibition) ke-15, yang juga dikenal sebagai Airshow China, demikian disampaikan Administrasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Industri Negara untuk Pertahanan Nasional China pada Rabu (25/9).

Kapsul pembawa pulang (return capsule) Chang'e-6 juga akan dipajang, sehingga masyarakat dapat menyaksikan kemajuan industri antariksa China, ujar Li Yang, seorang pejabat di lembaga tersebut.

Pameran kedirgantaraan itu dijadwalkan berlangsung mulai 12 hingga 17 November di Zhuhai, Provinsi Guangdong, China selatan, dan akan menyuguhkan berbagai jenis pesawat terbang dan roket pengangkut.

Dikatakan Hao Changfeng, juru bicara China Aerospace Science and Technology Corporation, perusahaan itu akan memamerkan hampir 200 produk berteknologi tinggi, termasuk sejumlah barang yang dipamerkan untuk pertama kalinya seperti wahana antariksa Chang'e-6 dan roket pengangkut Long March-8A. "Sekitar 150 benda akan dipamerkan untuk pertama kalinya, dengan barang-barang baru mewakili 75 persen dari (keseluruhan) benda yang dipamerkan," urai Hao.

Wu Jiwei, juru bicara Aviation Industry Corporation of China, mengumumkan bahwa perusahaan tersebut akan memajang lebih dari 260 produk, yang menekankan kemajuan dalam kekuatan produktif berkualitas baru.

Sejak edisi pertamanya digelar pada 1996, Airshow China menjadi ajang penting untuk memamerkan teknologi serta perlengkapan penerbangan dan kedirgantaraan mutakhir dari dalam maupun luar negeri. Airshow China juga menjadi platform internasional untuk mempromosikan kerja sama bisnis di bidang teknologi serta perlengkapan penerbangan dan kedirgantaraan.