Jakarta (ANTARA) - Huawei untuk pertama kalinya menghadirkan varian Pro pada seri jam tangan pintar GT melalui Huawei GT5 Pro.

Salah satu fitur yang diunggulkan dalam Huawei Watch GT5 Pro ini ialah mode olahraga Golf yang menariknya dapat dimanfaatkan layaknya asisten golf atau caddy profesional.

"Huawei GT 5 Pro ini nantinya mengunggulkan salah satu fitur untuk memantau pengalaman Golf sehingga berbeda dari keluaran di seri-seri GT lainnya," kata Training Director Huawei Device Indonesia Eddy Supartono di Jakarta, Rabu.

ANTARA pun berkesempatan menjajal dan melihat kemampuan jam tangan pintar ini sebelum produk ini resmi diluncurkan di Indonesia.

Baca juga: Huawei Watch GT5 series siap ke Indonesia dengan "Trusense System"

Secara keseluruhan jam tangan pintar ini dapat menjadi asisten baik untuk pegolf pemula hingga pegolf profesional.

Untuk pegolf pemula, Huawei Watch GT5 Pro dapat menjadi caddy dengan mengaktifkan Driving Range Mode.

Nantinya akan ada panduan dari jam tangan pintar itu untuk pemula melihat bagaimana cara memegang club atau stik golf dengan benar.

Ada tiga cara memegang stik golf yang dikenalkan yaitu Overlap Grip, Interlock Grip, dan Baseball Grip. Pengguna bisa memilih jenis pegangan tersebut sesuai kenyamanan untuk bergerak di arena.

Saat bermain, Driving Range Mode akan memantau pergerakan ayunan club yang dilakukan oleh pegolf memberikan nilai untuk setiap ayunan.

Baca juga: Amazfit Balance dilengkapi AI untuk dukung keseimbangan hidup
Tampilan pemantauan Huawei GT5 Pro 46 mm saat digunakan untuk bermain golf dalam "Driving Range Mode". Kiri menunjukkan pukulan kurang optimal, kanan menunjukkan ayunan dan pukulan telah efektif. (ANTARA/Livia Kristianti)


Ada beberapa indikator yang dipantau yaitu tempo ayunan, kecepatan ayunan, hingga detail waktu untuk ayunan club ke belakang (backswing), maupun waktu untuk downswing.

Indikator berwarna hijau nantinya menunjukkan bahwa pukulan yang dilakukan sudah memiliki hasil yang baik, sementara untuk indikator warna merah itu artinya pukulan dan ayunan belum optimal.

Meski fungsinya terkesan sederhana, namun dengan data-data yang diberikan dalam jam ini pengguna bisa melihat progres dari setiap pukulan dan ayunannya.

Baca juga: Amazfit T-Rex Ultra hadir di Indonesia bagi pecinta aktivitas ekstrem

Dan saat menjajal fitur ini, bisa dibilang pengguna bisa menjadi lebih kompetitif karena berupaya untuk menyempurnakan ayunannya agar mendapatkan hasil lebih baik.

Selanjutnya beranjak ke fitur profesionalnya, ada lebih banyak keunggulan yang ditawarkan Huawei lewat jam tangan pintarnya itu mulai dari pengukuran jarak yang real-time, informasi kontur area tempat bermain, hingga merekam beragam pergerakan bola yang dapat dipantau melalui aplikasi Huawei Health App.

Ada pun untuk fitur yang bisa dimanfaatkan dalam pemantauan Golf profesional di Huawei Watch GT5 Pro sebelum bermain ialah dengan mengunduh peta dari lokasi tempat golf.

Di dalam jam tangan pintar itu, Huawei memungkinkan pengguna untuk mengunduh informasi keseluruhan dari lokasinya bermain golf karena gawai ini telah dilengkapi Global Golf Course Map yang menyediakan informasi 15.000 lokasi bermain golf di seluruh dunia.

Baca juga: Jam tangan pintar rambah deteksi kesehatan darah

Untuk Indonesia kabarnya gawai ini telah mencakup 90 persen informasi dari seluruh lokasi bermain golf secara nasional.

Dari informasi tersebut nantinya pengguna bisa mengetahui lebih banyak informasi mengenai kontur lapangan hingga area-area penting seperti bunker atau hambatan yang mungkin dihadapi maupun area green atau area tempat pegolf harus memasukkan bola ke dalam lubang ditandai dengan bendera.

Saat diaktifkan untuk bermain, informasi yang diberikan jam tangan pintar ini tak terbatas pada data ayunan dan gerakan tapi juga mencakup data yang lebih kompleks seperti arah angin, kecepatan angin, hingga informasi mengenai jarak menuju ke green dengan akurat.

Menurut pegolf profesional Bernard Joe yang telah memanfaatkan fitur-fitur informasi real-time dari Huawei Watch GT5 Pro, data yang diberikan tersebut cukup akurat sehingga dirinya saat bermain dapat menciptakan pukulan yang tepat sasaran dan penuh akurasi.
Tampilan Huawei GT5 Pro 46 mm saat digunakan untuk bermain golf oleh pegolf profesional. Pegolf dapat melihat informasi akurat mengenai jarak di jam saat bermain hingga memantau gerakan bola melalui aplikasi Huawei Health setelah golf selesai dilakukan. (ANTARA/Livia Kristianti)


Baca juga: Arloji pintar Amazfit Bip U tawarkan fitur penunjang gaya hidup bugar


Untuk menghitung skor, Huawei Watch GT5 Pro dinilai mudah digunakan dan terasa pas sebagai asisten dengan kemampuan Scorecard Operations.

Bernard Joe juga menceritakan bahwa manfaat optimal dari Huawei Watch GT 5 Pro bisa dirasakannya setelah mengecek aplikasi Huawei Health Apps.

Dengan aplikasi itu, ia dapat melihat detail data hingga skor bahkan dapat memantau lebih jelas pergerakan bola-nya sehingga dapat membantunya mengevaluasi keseluruhan hasil bermain.

Kemampuan pemantauan Golf di dalam Huawei Watch GT5 Pro nantinya juga akan tersedia di jam tangan pintar flagship Huawei yaitu Huawei Watch Ultimate yang seharusnya tak lama lagi juga hadir di Indonesia dengan edisi baru.

Bagi anda yang menantikan lebih banyak informasi mengenai Huawei Watch GT5 Pro, anda dapat menantikannya dalam perilisan resmi di Indonesia pada 3 Oktober 2024.

Baca juga: Smartwatch bantu kenali penyakit jantung