Bandung (ANTARA) - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan pameran otomotif yang diselenggarakan di daerah-daerah strategis Indonesia seperti GIIAS Bandung 2024 dengan inovasi baru oleh berbagai merek, akan menjadi stimulus bagi industri otomotif.

Pameran sendiri, kata Ketua Umum Gaikindo Yohanes Nagoi, adalah upaya mereka untuk terus mendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia, dan keberhasilannya adalah sinyal positif pertumbuhan industri, yang terbukti dengan pertumbuhan berbagai merek baru dengan teknologi yang dibawanya untuk berinvestasi di Indonesia.

"Dengan hadirnya kendaraan terbaru dengan model dan inovasi teknologi terbaru yang dihadirkan pada pameran kali ini, diharapkan menjadi dorongan bagi capaian industri otomotif Indonesia termasuk di Provinsi Jawa Barat," kata Yohanes di Sudirman Grand Ballroom Bandung, Rabu.

Pentingnya GIIAS Bandung 2024, kata dia, karena wilayah ini dan Jawa Barat secara umum adalah wilayah dengan sebaran kendaraan bermotor pada posisi tiga besar se-Indonesia.

"Tentu wilayah ini berkontribusi signifikan pada catatan industri otomotif nasional. Karenanya kami harap capaian kali ini bisa lebih tinggi dibanding sebelumnya dengan mengoptimalkan potensi yang ada," ucap dia.

Salah satu yang mengusung inovasi terbaru dalam GIIAS Bandung 2024, adalah PT Chery Sales Indonesia (CSI) yang menawarkan kendaraan mobil listrik (EV) Off-Road pertama di Indonesia bernama iCar 03 dengan mengusung konsep teknologi, masa depan, lingkungan hidup dan ekologi.

Mobil iCar 03 ini, dilengkapi dengan delapan mode berkendara yang dapat disesuaikan pada berbagai kondisi medan, termasuk genangan air dengan kedalaman maksimum 600mm berkat wires and insert IP67, serta IP X8 dan IP X9K untuk baterai.

Selain itu, kendaraan ini dilengkapi sistem completely sealing time yang canggih memastikan kendaraan tetap kedap air hingga enam menit untuk memberikan perlindungan ekstra bagi komponen-komponen penting.

Kendaraan ini juga memiliki enam airbag yang akan memberikan perlindungan menyeluruh dari berbagai arah. Berbagai inovasi ini diharapkan jadi pilihan bagi pecinta petualangan sekaligus kendaraan listrik Indonesia.

Head of Brand Department PT Chery Sales Indonesia Rifkie Setiawan mengatakan kehadiran produk unggulan Chery pada GIIAS Bandung 2024 seperti Chery TIGGO 8, Chery OMODA E5 dan tidak ketinggalan iCar03, selain respon atas sambutan hangat di Bandung pada tahun lalu dengan penjualan tinggi secara nasional, dan jawaban tantangan zaman.

"Ini adalah bentuk dari dedikasi kami pada semua itu," ujarnya.

Sales Director Chery Sales Indonesia, Budi Darmawan Jantania menuturkan dalam GIIAS 2024 pengunjung bisa melakukan pemesanan pre-booking iCar 03 dengan uang muka Rp10 juta dengan perkiraan unit mulai dikirimkan pada kuartal I 2025.

"Nanti unitnya juga bisa akan didisplay mulai besok, dan bisa dicoba, karena kita juga bawa test car," kata dia.

Diketahui, Chery mencatatkan prestasi penjualan global yang luar biasa dengan angka mencapai 24.178 unit pada Agustus 2024. Sementara di Indonesia, data wholesales Gaikido menunjukkan penjualan Chery mencapai 5.465 unit pada periode Januari-Agustus 2024 dengan Omoda E5 berhasil menduduki posisi teratas dalam penjualan SUV listrik Indonesia.

Baca juga: Kia Sonet baru diluncurkan di GIIAS Bandung 2024
Baca juga: GIIAS Bandung 2024 diyakini beri kontribusi signifikan ekonomi Jabar
Baca juga: Penyelenggara siapkan enam area parkir bagi event GIIAS Bandung 2024