Jakarta (ANTARA) - Fakultas Kedokteran (FK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta secara resmi telah mengantongi izin untuk membuka Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi.
“Program di Fakultas Kedokteran UIN Jakarta ini menjadi PPDS pertama di lingkungan PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri),” kata Dekan FK UiN Syarif Hidayatullah Achmad Zaki melalui keterangan resminya, Rabu.
Dengan RSUP Fatmawati dan RSPG Cisarua, kata dia, sebagai rumah sakit pendidikan.

Baca juga: Delegasi FK UIN Jakarta raih medali perak dalam ajang sains WICE 2024
Izin PPDS tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nomor 474/E/0/2024 tentang Izin Pembukaan Program Studi Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Program Spesialis pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Keputusan tersebut terbit dengan memperhatikan sejumlah hal, antara lain urat Permohonan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Nomor B2906/R/PP.00.9/09/2023 tanggal 14 September 2023, surat Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV Nomor 1758/LL4/KL.00.00/2203 tanggal 4 Oktober 2023, dan hasil validasi terhadap persyaratan minimum akreditasi pembukaan program studi dimaksud.
Dia juga berharap hadirnya program spesialis ini dapat memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Indonesia, khususnya bidang pulmonologi dan kedokteran respirasi.

“Kami berharap hadirnya PPDS FK UIN Jakarta dapat mencetak tenaga medis yang tidak hanya kompeten secara klinis, tetapi juga berlandaskan nilai-nilai integritas dan spiritualitas,” harapnya.

Baca juga: UIN Jakarta raih akreditasi unggul bukti kualitas pendidikan meningkat ​​​​​
Izin ini juga membuat UIN Jakarta dituntut untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan fasilitas. “Mohon dukungan dari sivitas akademika FK, Pimpinan UIN Jakarta, maupun Kementerian Agama RI, dalam upaya kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajarannya,” ucap Achmad Zaki.

Sementara itu Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Asep Saepudin Jahar menyampaikan apresiasinya atas pencapaian Fakultas Kedokteran.

“Pembukaan PPDS Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi ini merupakan langkah maju bagi UIN Jakarta dalam berkontribusi pada dunia kesehatan masyarakat, khususnya di bidang spesialisasi yang sangat dibutuhkan saat ini,” ucapnya.

Ia berharap program tersebut menjadi pemicu fakultas-fakultas lain di UIN Jakarta dan PTKIN untuk terus berinovasi dan mengembangkan diri.


Sebelum bertambah program spesialis, FK UIN Jakarta menawarkan jenjang pendidikan untuk Program Studi Pendidikan Dokter dan Program Studi Pendidikan Profesi Dokter.

Baca juga: Unpatti dan UIN Jakarta kerja sama tingkatkan pengabdian masyarakat.