Jakarta (ANTARA) — Dalam rangka menyambut Hari Farmasi Sedunia yang jatuh pada 25 September, OBATApps menggelar "Opening OBATApps SkillFest #2 2024” di Jakarta pada tanggal 21 September 2024 lalu di Jakarta. Dengan mengusung tema “Advance Global Health by Preparing The Best Human Resources”, acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 pimpinan kampus farmasi, lebih dari 500 mahasiswa dan praktisi farmasis di Indonesia.



Marketing Manager OBATApps apt. Damas Raja menyampaikan bahwa selama enam tahun berdiri, aplikasi OBATApps telah bekerjasama dengan ratusan kampus farmasi di Indonesia, guna peningkatan Akreditasi, Pemenuhan Poin IKU, dan Aktualisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).



“OBATApps akan melanjutkan komitmen dalam mendukung Ekosistem Pendidikan Kefarmasian Indonesia melalui dukungan Pembelajaran Mahasiswa, Manajemen Pengelolaan Kampus, Optimalisasi Jaringan Industri Farmasi, dan Peningkatan Kualitas Kampus Hingga Tingkat Internasional,” ujarnya.



Sementara itu, apt. Noffenderi Roestam, S.Si, selaku Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) turut menyampaikan pentingnya kolaborasi antar elemen kefarmasian untuk memajukan Kualitas Apoteker di Indonesia.



“Tantangan Kampus Farmasi hari ini adalah Program MBKM, dan OBATApps hadir sebagai solusi bagi aktualisasi program MBKM,” ungkapnya.



Acara ini ditutup dengan arahan dari Ketua Kolegium Ilmu Farmasi Indonesia (KIFI), Prof. Dr. apt. Keri Lestari M.Si, yang sekaligus Guru Besar UNPAD. Beliau turut menyampaikan apresiasi atas Inovasi OBATApps, juga mendorong persiapan pembukaan Apoteker Spesialis.



“OBATApps dapat menjadi ruang pelatihan sebelum melanjutkan studi di tingkat Spesialis dan Sub Spesialis. Beliau sangat optimis bahwa Profesi Apoteker akan menjadi salah satu Profesi yang berkembang pesat kedepan untuk bisa berperan bagi bangsa dan negara,” katanya.



Aktualisasi dari Program Opening OBATApps Skillfest #2 ini adalah pelaksanaan program Mobility (Pertukaran Pelajar), National Competition and International Competition yang dapat diikuti oleh kampus farmasi di seluruh Indonesia.